4 Cara Cek IMEI Oppo Termudah

Image title
6 September 2022, 00:11
cara cek IMEI Oppo
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nym.
Ilustrasi, siluet pengunjung mencoba keunggulan kamera OPPO Find X5 Pro 5G saat hari pertama penjualan di OPPO eXperience Store BEC, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).

Semua jenis ponsel pintar yang dipasarkan di Indonesia pastinya memiliki kode IMEI, termasuk salah satunya adalah smartphone dari Oppo. Cara cek IMEI di Oppo bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mengeceknya menggunakan beberapa metode.

Bagi pemilik ponsel pintar seperti Anda, IMEI adalah salah satu hal yang mesti diketahui. Sebab, kode IMEI memiliki fungsi penting yaitu apakah produk tersebut dipasarkan secara legal atau ilegal.

Khusus untuk Oppo, Anda dapat mengecek kode IMEI Oppo melalui situs resmi Kementerian Perindustrian hingga mengeceknya sendiri. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai cara cek IMEI Oppo, selengkapnya simak terlebih dahulu apa itu IMEI beserta fungsinya.

Sekilas Tentang IMEI dan Fungsinya

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Pada umumnya IMEI terdiri dari sebuah kode atau deretan nomor unik yang dimiliki oleh sebuah ponsel.

Setiap ponsel baik itu berbasis Android maupun iOS, memiliki kode IMEI berbeda. Meski begitu, biasanya jumlah kode IMEI sekitar 15-17 digit angka.

Kode IMEI adalah deretan nomor unik yang dikeluarkan secara khusus oleh asosiasi GSM. Dengan adanya kode IMEI, sebuah ponsel dapat mengaktifkan jaringan GSM dan teridentifikasi sebagai perangkat valid.

Fungsi IMEI adalah yang paling utama sebagai identitas ponsel. Selain itu, dengan mengecek kode IMEI pengguna smartphone seperti Anda bisa mengetahui garansi ponsel serta melacaknya apabila ponsel tersebut hilang.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk selalu memeriksa kode IMEI ponsel yang dibeli. Jika Anda memakai ponsel dari Oppo, maka Anda harus tahu cara cek IMEI Oppo.

Ada beberapa metode sederhana untuk memeriksa kode IMEI smartphone Oppo. Untuk memudahkan Anda, Katadata.co.id sudah merangkum penjelasannya di bawah ini.

Cara Memeriksa Kode IMEI Hp Oppo

Oppo adalah vendor atau produsen ponsel pintar yang cukup populer di Indonesia. Masyarakat mungkin mengenal Oppo sebagai brand handphone (hp) yang gemar menonjolkan kelebihannya pada kamera depan. Ini bisa dilihat dengan banyaknya ponsel produksi Oppo yang diklaim punya spesifikasi selfie camera yang bagus.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...