Sinopsis Novel Cantik itu Luka, ketika Kecantikan Membawa Kutukan

Destiara Anggita Putri
13 September 2022, 17:28
sinopsis novel cantik itu luka
Unsplash
Ilustrasi, seseorang sedang membaca sebuah novel.

Bila Anda sedang berkunjung ke toko buku, pastilah Anda pernah mendapati novel Cantik itu Luka berada di jajaran novel best seller. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalanya, novel pertama karangan Eka Kurniawan ini telah berhasil mencuri perhatian Internasional beberapa tahun belakangan ini.

Melalui novel ini, Eka Kurniawan dianggap mampu menceitakan kisah sejarah Indonesia yang sangat kompleks ke dalam bentuk fiksi. Dilansir dari laman resmi Prince Claus Award, karya-karya nya bahkan kerap kali disandingkan dengan kara-karya dari Gabriel Marica Marquez.

Karena kesuksesannya ini, novel ini telah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan prestisius Prince Claus Award oleh Kerajaan Belanda pada tahun 2018. Novel yang terbit pada tahun 2002 ini juga telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia yang membaut sastra Indonesia semakin dikenal.

Melihat dari keberhasilan novel ini, Anda seharusnya tak perlu ragu lagi untuk memasukkannya lagi sebagai salah satu list bacaan Anda. Masih ragu? Anda bisa membaca sinopsis novel Cantik Itu Luka di bawah ini.

Sinopsis Novel Cantik Itu Luka

Novel Cantik Itu Luka berfokus pada kisah hidup Dewi Ayu, seorang pelacur di zaman kolonial.. Suatu sore di Halimunda, Dewi Ayu bangkit dari kuburannya setealh dua puluh satu tahun kematainnya. Kebangkitanya ini jelas menimbulkan kegaduhan bagi masyarakat.

Dewi Ayu adalah sroang wanita yang meninggal ketika berusia 51 tahun. Sebelum meninggal, ia adalah seorang pelacur yang sanagt terpndnag di kalangan para tentara Jepang dan Belanda. Ia sendiri memiliki kisah hidup asa kecilnya juga tak kalah pedih.

Sejak masih kecil, ia tumbuh tanpa kasih sayang kedua orang tuanya akibat perkawinan sedarah (perkawinan saudara tiri) yang membuat mereka berdua diusir. Alhasil, Ia pun diasuh oleh kakek-neneknya.

Ia pun tumbuh menjadi gadis pemberani. Keberaniannya ini telah ia buktikan tatkala ia harus mendekam di penjara saat Jepang menyerang Hindia Belanda. Saat berada di penjara, Dewi Ayu bahkan rela menyerahkan kesucianya demi membantu temanya di barak penampungan.

Dua tahun kemudian, Dewi Ayu bersama 19 tahanan lainnya dipindahkan ke rumah mewah yyang dikelola oleh Mama Kalong untuk bekerja sebagai pelacur. Karena pekerjaannya itu, Ia pun harus melayani nafsu para tentara Jepang.

Selama ia menjadi pelacur, Dewi Ayu telah melahirkan empat anak perempuan yang tidak jelas asal-usul ayahnya. Ketiga anaknya mewarisi wajah cantik dirinya. Tapi, ia merasa mengaush tiga anak cantik itu sangat merepotkan.

Sehingga, ketika ia mengandung anak keempat, ia tidak menginginkan nya untuk hidup . Ia pun mencoba berbagai cara untuk menggugurkan kandungannya. Sayangnya, Ia tidak berhasil.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...