Memahami Cara Mengambil Uang di Western Union

Ghina Aulia
19 September 2022, 17:08
cara mengambil uang di Western Union
Dok. Western Union
Ilustrasi, Kantor Pusat Western Union.

Western Union (WU) merupakan layanan penyedia pengiriman uang antar negara (remitansi) yang sudah dikenal masyarakat luas dan memiliki banyak agen di berbagai negara. Cara mengirim dan mengambil uang di Western Union yang mudah, membuat layanan perusahaan remitansi ini diminati oleh banyak orang.

Perusahaan yang berbasis di Colorado, Amerika Serikat (AS) ini juga mempunyai layanan instan pengiriman uang untuk dikirim ke rekening bank, dompet virtual, atau nomor ponsel.

Advertisement

Salah satu keunggulan dari Western Union adalah layanan transfer atau pengiriman uangnya bisa mencapai luar negeri secara realtime atau langsung diterima oleh penerima di negara tujuan. Hal ini yang membedakan dengan kebanyakan bank lokal, yang hanya melayani transfer uang lingkup dalam negeri.

Sekilas tentang Western Union

Western Union sudah ada sejak dekade 1800-an, di mana awalnya perusahaan ini dikenal dengan lini bisnis utama telegraf. Pada 1861, Western Union untuk pertama kalinya berhasil menjalankan layanan pengiriman telegraf antar wilayah di AS.

Sepuluh tahun kemudian, layanan Western Union berkembang menjadi layanan pengiriman uang, dengan bertumpu pada sistem telegraf yang dimiliki.

Pada akhirnya, Western Union meninggalkan bisnis telekomunikasi pada dekade 1980-an dan fokus pada layanan pengiriman uang atau remitansi.

Kini, Western Union sudah beroperasi di lebih dari 200 negara dan wilayah, termasuk Indonesia. Secara keseluruhan, Western Union memiliki lebih dari 500.000 agen yang tersebar di seluruh dunia.

Lewat Western Union, seseorang tidak perlu membuka rekening bank untuk mengirim atau menerima uang. Seseorang hanya perlu menunjukkan kartu identitas saja untuk mengirim uang atau mengambil uang di Western Union.

Sebelum mengetahui secara detail cara mengambil uang di Western Union, ada baiknya mengetahui tentang cara mengirim uang melalui Western Union.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement