Menilik Kisah Pilu di Balik Keindahan Danau Tolire Maluku Utara

Tifani
Oleh Tifani
22 September 2022, 12:27
Danau Tolire
djkn.kemenkeu.go.id
Ilustrasi, Danau Tolire.

Danau Tolire merupakan salah satu objek destinasi wisata Maluku Utara, tepatnya danau besar ini berada di Kota Ternate. Tidak hanya terkenal berkat keindahan dan pesona alamnya, Danau Tolire juga dapat menarik para wisatawan berkat cerita legenda yang berkembang secara turun temurun.

Dilansir dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, salah satu kisah rakyat Ternate yang menjadi legenda dan dikenang hingga masa kini adalah cerita asal-usul terjadinya Danau Tolire.

Nuansa mistis bercampur haru mewarnai kisah klasik rakyat Ternate ini. Berikut ini adalah ulasan mengenai kisah di balik terciptanya Danau Tolire.

Legenda Terciptanya Danau Tolire

Dikisahkan, Danau Tolire dulunya merupakan sebuah kampung tenggalam karena suatu kutukan dewa. Kampung Tolire dulunya merupakan sebuah kumpung yang aman dan sentosa seperti dengan kampung yang lain di Kesultanan Ternate pada waktu itu.

Pada umumnya mereka sangat menghormati para leluhur-leluhurnya. Bahkan di sisi lain ada yang membuat sesajen sebagai tanda terima kasih kepada dewa-dewa yang telah melindungi mereka dari marabahaya.

Pada suatu saat persembahan sesajen atau upacara adat akan digelar kembali. Segala kekurangan sesaji yang berhubungan dengan upacara adat tersebut telah di siapkan. Para warga Kampung Tolire memakai pakaian berwarna-warni untuk lebih menambah semarak upacara adat tersebut. Gong dan tifa serta penari penarinya yang lemah lembut menampilkan kebolehannya.

Warga Kampung Tolire menikmati sampai tak sadar diri, padahal kepala kampung sudah memberitahukan bahwa selama upacara semalam tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang nantinya membuat dewa murka. Malam pun tiba upacara pun berjalan dengan hikmanya. Upacara sesajen yang merupakan upacara adat malah menjadi sumber malapetaka bagi semua yang hadir.

Tuak dan arak telah menguasai diri masing masing, kepala kampung pada malam itu menari dengan rakyat tiba tiba menghilang dengan anak gadisnya.

Kecantikan yang tak ada bandingannya, rambutnya yang panjang sebatas betis, mengenakan ikat kepala dan memakai pakaian yang berkilauan, membuat kepala kampung atau bapaknya sendiri sudah mabuk-mabukkan, dan tidak tahu lagi kalau gadis yang sedang bersamanya ialah anaknya sendiri.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...