Sinopsis Reply 1988 dan Dua Series Pendahulunya

Pasti sebagian besar dari Anda yang menyukar Drama Korea, tidak asing lagi dengan drama Reply Series. Berikut ini adalah sinopsis Reply 1988, Reply 1994 dan Reply 1997.
Image title
26 September 2022, 12:29
Sinopsis Reply 1988
IMDB
Ilustrasi, poster drama Korea berjudul Reply 1988.

Gebrakan drama Korea memang selalu menghadirkan yang baru setiap tahunnya. Tak hanya itu, alur dan latar ceritanya kerap kali tak terduga.

Salah satu yang menyita perhatian penggemar adalah serial drama berjudul Reply.

Judulnya selalu berawalan Reply, lalu diikuti tahun latar waktunya. Antara lain adalah Reply 1988, Reply 1994 dan Reply 1997.

Semuanya memiliki alur, tokoh dan jalan cerita yang berbeda. Namun, kesamaannya adalah misteri yang harus dipecahakan penonton. Hal itu juga yang menjadi inti dari cerita ini.

Advertisement

Dua pemeran utama, yakni wanita dan pria, harus memperjuangkan cinta yang diimpikan. Sayangnya, selalu ada hal yang menghambat. Salah satunya jaliann cinta segitiga, baik dari wanita atau pria lain.

Tak hanya itu, drama ini tak melulu menunjukkan kisah percintaan mereka. Banyak lika-liku kehidupan yang dapat diambil pelajaran.

Menariknya juga, karakter Ayah dan Ibu dari pemeran utama selalu sama. Tidak lain adalah Sung Dong-il dan Lee Il-hwa.

Hal yang berbeda adalah pemeran lainnya. Baik anak-anak mau pun tetangga.

Drama berlatar tahun 80an dan 90an ini, cukup menyenangkan untuk ditonton. Khususnya untuk Anda yang lagi di tahun 2000an, dengan menonton drama ini, bisa merasakan suasana di tahun itu.

Dari sisi sinematografi, pencahayaan, color palette dan saturasinya juga sangat pas. Sangat menggambarkan zaman dulu.

Di samping itu, akting tokoh dan lingkungannya juga disesuaikan. Dari fashion, tren hingga gaya bicara yang sedang populer saat itu.

Kekeluargaan sangat kental ditunjukkan oleh banyak adegannya. Selain itu, kita juga dapat belajar bagaimana cara bertetangga yang baik.

Serial drama besutan tvN ini selalu meledak di pasaran. Khususnya Reply 1988, drama ini sangat ikonik. Mulai dari akting, alur cerita hingga endingnya yang sangat plot twist.

Jangan khawatir, drama ini sangat kompleks namun tetap ringan ditonton. Di samping itu, banyak bumbu-bumbu komedi di dalamnya. Dijamin Anda tidak akan menyesal menontonnya.

Di bawah ini, akan dibahas mengenai sinopsis Reply 1988 dan Reply series lainnya. Simak ulasan berikut ini. 

1. Reply 1994

Drama ini menjadi yang pertama dari drama Reply series. Dibintangi oleh Go Ah Ra, Jungwoo, Yoo Yeon Seok dan masih banyak lagi.

Go Ah Ra berperan sebagai gadis bernama Sung Na-jung, yakni anak dari Sung Dong-il dan Lee Il-hwa. Mereka sekeluarga pindah ke kota Seoul.

Diketahui bahwa rumah yang mereka tempati terlalu besar untuk ditinggali. Maka dari itu, kamar-kamar kosong disewakan untuk mahasiswa.

Mereka adalah Sseuregi, yakni mahasiswa kedokteran yang memiliki kebiasaan jorok. Lalu Binggeurae, Samcheonpo, Jo Yoo Jin dan Hai Tai.

Selain itu, juga ada Chilbong. Ia adalah atlet bisbol binaan Sung Dong-il. Dirinya sering berkunjung ke kost tersebut, karena kebetulan ia adalah sepupu dari Binggeurae.

Diketahui bahwa Sseuregi menaruh perasaan kepada Sung Na-jung. Demikian juga dengan Chilbong.

Menariknya, drama ini banyak menunjukkan tentang kisah romantis. Cukup berbeda dengan drama Reply series lain yang banyak menyajikan kisah keluarga.

Walaupun begitu, drama ini juga menceritakan tentang mahasiswa daerah yang baru mengenal kehidupan di kota besar.

Menggambarkan keluguan dan kekonyolan remaja. Tentu saja banyak adegan lucu yang bisa mengocok perut!

2. Reply 1997

Reply 1997 juga tak kalah menariknya dengan yang lain! Diperankan oleh Jung Eun-ji dari grup idola wanita Apink, ia menjadi seorang gadis bernama Sung Si-won.

Si-won tumbuh hingga remaja beraama Yoo Yoon-jae, anak dari sahabat orang tuanya. Pasalnya orang tua Yoo Yoon-jae sudah tiada.
Orang tua Si-won kerap menganggap Yoo Yoon-jae sebagai anaknua sendiri. Tak heran mereka sangat dekat.

Meski begitu, Si-won dan Yoo Yoon-jae bagaikan musuh bebuyutan. Mereka kerap saling mengejek dan bertengkar.

Menariknya, drama ini juga menggambarkan tentang antusias penggemar kepada grup idola. Tentu saja grup idola yang populer pada  1997 silam. Misalnya, H.O.T dan Sechskies.

Hal tersebut lantaran Si-won adalah pelajar yang sangat fanatik dengan H.O.T. Ia rela mengorbankan sekolahnya untuk bertemu dengan sang idola.

Banyak sekali hal menarik yang bisa Anda dapatkan dari menonton Reply 1997. Mulai dari kekeluargaan, pertemanan hingga lika-liku percintaan antara Si-won dan jodohnya di masa depan.

3. Reply 1988

Bisa dikatakan Reply 1988 adalah yang paling meledak. Pasalnya, ceritanya sangat penuh makna dan sarat atau pelajaran hidup.

Sinopsis Reply 1988 berpusat pada upaya Sung Duk-seon, yang diperankan oleh Hyeri, untuk menemukan jodoh. Misteri sama sekali tidak terpecahkan hingga episode terakhir tayang.

Penonton diajak memprediksi dan menebak, siapakah pria yang memperjuanhkan cintanya untuk Duk-seon. Adapun, dua pria yang memperebutkan wanita ini adalah Choi Taek (Park Bo-gum) dan Junghwan atau Jungpal (Ryu Jun-yeol).

Tak hanya itu, cerita tambahannya sangat menarik. Kerap kali menceritakan kekonyolan, kebahagiaan, sedih dan haru dari orang-orang di sekitar mereka.

Ketika menonton, Anda bisa saja terbahak-bahak karena tingkah konyol para pemain. Namun, setelah itu bisa saja meneteskan air mata karena merasa haru.

Saking membekasnya, ternyata bukan hanya penonton yang gagal move on. Hal demikian juga dialami oleh pemeran drama ini.
Diketahui bahwa Ssangmun-dong Gang memang ada di dunia nyata. Tentunya berisi anak-anak yang tinggal di kawasan Ssangmun-dong.

Di antaranya adalah Hyeri, Ryu Jun-yeol, Park Bo-gum, Go Kyung-pyo, Lee Dong-hwi dan Ryu Hye-young.

Demikianlah penjelasan sinopsis Reply 1988 dan series Reply lainnya. Selalu ada ciri khas dan sisi menarik di setiap dramanya. Anda akan merasakan kehangatan ketika menontonnya.

Fakta uniknya juga, pemeran utama Reply 1988 ada yang menjalin hubungan romantis, lhoh! Hyeri sebagai pemeran Sung Duk-seon dan Ryu Jun-yeol yang memerankan Junghwan atau Jungpal ternyata berpacaran.

Lebih plot twist lagi, meski tak berjodoh di dalam drama, ternyata mereka saling jatuh cinta di luar lokasi syuting.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait