Mengenal 5 Aksen Bahasa Inggris Terpopuler Di Dunia

Destiara Anggita Putri
28 September 2022, 14:48
aksen bahasa Inggris terpopuler
Unsplash
Ilustrasi, seorang anak tengah belajar bahasa Inggris.

Bahasa inggris adlah bahasa internaisonal yang ingin dikuasai oleh banyak orang. Bila Anda sedang belajar bahasa inggris,  tentunya Anda juga harus mempelajari bagian conversational dan speaking.

Dalam mempelajari bagain ini, bayak orang cenderung mneggunakan aksesn bahsa inggris tenetu untuk mengusainya. Walaupun sebenarnya aksen tidak terlalu penting, namun Anda perlu mempelajarinya agar bisa berkomunikasi dengan baik saat bertemu dengan native speakers.

Ada lima aksen bahasa inggris yang umum digunakan di sleuruh dunia. Apa saja? Berikut lima aksen bahasaa inggris terpopuler yang bisa Anda pelajari.

1. American Accent 

Membahas tentang aksen bahasa inggris terpopuler, tentunya Anda pasti sudah familiar dengan aksen satu ini. American Accent memang merupakan aksen yang paling banyak digunakan untuk belajar bahasa Inggris khususnya bagi para pembelajar bahasa inggris non native di dunia. Alasannya adalah aksen ini memiliki pelafalan yang sederhana dan mudah diucapkan daripada aksen bahasa inggris lainnya

Ciri khas yang dimiliki aksen ini adalah pengucapan huruf ‘R”  yang terdengar lebih jelas. American Accent juga terkenal karena kata per katanya terdengar sambung menyambung saat diucapkan. Selain itu, terdapat pula beberapa kosakata yang umum digunakan oleh orang yang memakai American Accent. 

Ciri khas lainnya adalah ketika  berbicara dengan aksen ini, maka pengucapan huruf a yang rata menjadi seperti ke “e”. Selain itu, ada beberapa kata dalam American Accent yang memiliki bunyi yang sama walaupun susunan hurufnya berbeda. Contohnya adalah kata “nearer” dengan “mirror.” 

2. British Accent

British Accent adalah salah satu aksen bahasa Inggris terpopuler yang kerap dibandingkan dengan American Accent. Banyak orang menganggap bahwa aksen ini lebih sulit diucapkan.

Tapi sebenarnya, British Accent justru memiliki pengucapan per kata yang terdengar lebih jelas daripada American Accent. Selain itu, kata perk akta dalam aksen ini bisa didengar dengan jelas. Tentunya ini berbeda dengan kata per kata dari American Accent yang terdengar bersambung.

British Accent merupakan akses umum yang banyak digunakan di wilayah United Kingdom (U.K). Siapapun akan langsung mengenal aksen ini bila ada yang menggunakannya karena dialeknya yang kental dan khas. Selain itu, aksen ini juga terkesan lebih formal daripada American Accent.

Fakta  lainnya adalah British Accent memiliki banyak jenis. Bahkan, di wilayah Inggris masih terdapat beberapa aksen yang dibagi berdasarkan area istrik.

Ciri khas dari akun ini adalah meniadakan pengucapan huruf ‘R” dan penekanan pada huruf yang menganutnya khususnya bila huruf “R”tersebut terletak  di akhir kalimat.  Misalnya pengucapan kata “Water”. Bila dicelupkan ke dalam British Accent maka akan menjadi “Wotah”

3. Australian Accent 

Aksen bahasa inggris terpopuler selanjutnya adalah Australian Accent. Aksen ini merupakan aksen umum yang dipakai di negara Australia dan dibagi menjadi tiga macam,yaitu aksen General Australian, Broad Australian, dan Cultivated Australian

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...