Mengenal Ragam Prospek Kerja Manajemen Bisnis

Tifani
Oleh Tifani
5 Oktober 2022, 11:33
prospek kerja manajemen bisnis
Freepik
Ilustrasi, rapat kerja tim manajemen perusahaan.

Prospek kerja manajemen bisnis yang luas, menjadi satu faktor utama yang membuat banyak orang masuk ke jurusan ini. jurusan ini direkomendasikan bagi seseorang yang berminat meniti berkarir dalam manajemen, maupun berwirausaha. Sebab, tujuan jurusan manajemen secara umum, adalah untuk mencetak profesional yang mahir dalam bisnis dan manajemen.

Manajemen bisnis adalah jurusan yang mempelajari cara mengimplementasikan ilmu manajemen dalam sebuah bisnis. Sederhananya, di dalam jurusan ini akan mempelajari bagaimana mengelola bisnis.

Advertisement

Prospek kerja manajemen bisnis cukup luas, sehingga jurusan ini cukup diminati. Ada beberapa hal yang akan dipelajari di dalam jurusan ini, seperti keuangan, ekonomi, akuntansi, statistik, komunikasi bisnis, etika bisnis, hingga analisa pasar modal.

Skill yang dilatih ketika menempuh pendidikan di jurusan manajemen, antara lain soft skill berpikir matematis dan logis, bernegosiasi dan komunikasi, pengelolaan bisnis mandiri, pengelolaan informasi, dan analisis bisnis.

Prospek kerja manajemen bisnis yang luas, memungkinkan para lulusan jurusan ini berkarir di berbagai bidang industri. Para lulusan jurusan ini juga dapat bekerja di berbagai posisi yang terkait dengan bisnis, ekonomi dan manajemen.

Ragam Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis

Seperti telah disebutkan sebelumnya, prospek kerja manajemen bisnis tergolong luas, di mana para lulusannya dapat berkarir di banyak bidang, di berbagai industri. Berikut ini, adalah beberapa pilihan karir lulusan jurusan manajemen bisnis.

1. Analis Bisnis

Analis bisnis menjadi salah satu prospek kerja manajemen bisnis yang pertama. Berbekal ilmu di bidang bisnis, manajemen, ekonomi dan akuntansi, lulusan jurusan ini dapat berkarir sebagai analis bisnis.

Mengutip skillacademy.com, analis bisnis bertugas membantu sebuah bisnis menganalisis proses, sistem, produk, dan layanan perusahaan. Agar kualitasnya dapat ditingkatkan dan membuat keputusan yang menguntungkan bagi bisnis berdasarkan analisis data.

Analis binis bertanggung jawab untuk menjembatani kesenjangan antara teknologi dan bisnis dengan menggunakan analisis. Mereka bertugas untuk mengkaji laporan, menilai sejauh mana aspek teknologi yang dilakukan perusahaan, dan memberikan laporan kepada perusahaan.

Posisi ini bisa berlanjut menjadi Account Manager dilanjutkan dengan jenjang Marketing Executive, Project Manager, Sales Manager, C-Level Manager hingga menjadi seorang Direktur.

2. Manajer Perusahaan

Posisi manajer perusahaan menjadi salah satu prospek kerja manajemen bisnis. Lulusan jurusan ini dibekali kemampuan untuk mengatur pendekatan bisnis, sehingga akan cocok menempati posisi manajer perusahaan.

Dilansir dari glints.com, dalam setiap perusahaan, tugas manajer yang paling pokok adalah memimpin, mengarahkan, dan mengawasi staf untuk bekerja sama mencapai tujuan organisasi. Seorang manajer yang hebat akan membentuk tim yang bekerja untuk membantu perusahaan mewujudkan visi bisnis.

Secara umum manajer perusahaan adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya.

3. Wirausahawan

Lulusan jurusan bisnis dibekali pengetahuan bagaimana membangun sebuah usaha dari nol. Oleh karenanya menjadi wirausahawan juga merupakan salah satu prospek kerja manajemen bisnis.

Mengutip Investopedia, wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan. Seorang wirausaha umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, atau bisnis baru.

Tujuan salah satu prospek kerja manajemen bisnis ini untuk memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

Dibekali ilmu yang didapat melalui jurusan manajemen bisnis, seorang wirausaha mampu mengelola tenaga kerja secara maksimal, termasuk mengupayakan komunikasi efektif, dan menciptakan kerja tim yang baik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement