Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan dan Unsur Pembentuknya

Anggi Mardiana
19 Oktober 2022, 15:30
contoh surat permohonan izin kegiatan
Freepik
Ilustrasi, seseorang menyerahkan dokumen surat.

Contoh surat permohonan izin kegiatan, merupakan informasi yang berguna jika Anda hendak melangsungkan suatu acara yang membutuhkan izin institusi tertentu. Misalnya, untuk kegiatan Karang Taruna, atau Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Surat permohonan izin kegiatan merupakan dokumen yang kerap ditemui di lingkungan formal, seperti pendidikan, perusahaan, instansi pemerintahan, hingga lembaga sosial dan keagamaan. Dokumen ini, difungsikan sebagai bukti tertulis dengan harapan mendapat dukungan atau izin menyelenggarakan suatu kegiatan dari pihak terkait.

Jika diperhatikan, dari banyak contoh surat permohonan izin kegiatan yang ada, sebagai salah satu contoh surat resmi, secara umum terdapat beberapa unsur yang pasti ada di dalam surat permohonan izin kegiatan.

Nah, unsur atau komponen apa saja yang terdapat dalam surat permohonan izin kegiatan ini? Simak ulasan singkat berikut ini, beserta tiga contoh surat permohonan izin kegiatan yang bisa menjadi panduan.

Unsur-unsur Penting di Dalam Surat Permohonan Izin Kegiatan

Untuk membuat format surat permohonan izin kegiatan, terdapat beberapa unsur penting yang harus ada. Terlebih jika mengajukan surat permohonan izin kegiatan resmi. Berikut beberapa unsur penting contoh surat permohonan izin kegiatan yang perlu diperhatikan, dikutip dari Majoo.id.

1. Kop atau Kepala Surat

Kop atau kepala surat merupakan unsur pertama yang selalu ada dalam surat resmi. Kop surat berisi tentang sejumlah informasi mengenai pihak pengirim yang mana berisi nama instansi, alamat lengkap hingga nomor telepon.

2. Nomor Surat

Untuk nomor surat sendiri biasanya diletakan di sebelah kiri, tepatnya setelah kop surat. Fungsinya cukup penting sebagai bukti dokumentasi dan mengarsipkan surat.

3. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Unsur surat selanjutnya ialah tempat dan tanggal pembuatan surat yang biasanya diletakan di bagian kanan bawah dari kop atau kepala surat. Namun ada juga yang menempatkannya di bagian akhir surat setelah salam penutup.

4. Perihal dan Lampiran

Perihal merupakan garis besar dari permohonan surat yang menjelaskan garis besar dari isi surat. Sedangkan lampiran merupakan dokumen pendukung dari surat permohonan.

5. Isi Surat

Sesuai dengan namanya, isi surat berisi informasi yang merangkum tujuan, keperluan dan maksud pembuatan surat itu sendiri. Meski begitu, isinya kurang lebih hanya sekitar 2 paragraf saja.

6. Identitas Pengirim dan Penerima

Hal yang tidak kalah penting ialah mencantumkan identitas pengirim dan penerima secara jelas. Hal ini dimaksudkan untuk memahami isi dan maksud surat. Terakhir jangan lupa bubuhkan tanda tangan pengirim.

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Surat permohonan izin kegiatan cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kegiatan yang akan diadakan. Secara format pada umumnya hampir sama, berikut beberapa contohnya:

1. Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan HUT RI di Lingkungan

Surat permohonan izin kegiatan yang ditujukan kepada pengurus Rukun Tetangga atau (RT) biasanya dibuat ketika menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Berikut referensi contoh format surat izin kegiatan ke RT, dilansir dari slideshare.net.

Bogor, 05 Agustus 2022
Kepada Yth:
Ketua RT. 09 Dusun Pager Ageng
Di tempat


Dengan hormat,
Dengan surat ini, kami Panitia Lomba Perayaan HUT RI ke-77 bermaksud mengadakan kegiatan yang akan dilaksanakan pada:


Hari/tanggal: Kamis s/d Minggu, 16-19 Agustus 2022
Waktu: 09.00- Selesai
Tempat: Lingkungan RT 09
Acara: Lomba Perayaan HUT RI Ke-77

Sehubungan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77, kami selaku panitia memohon izin untuk melaksanakan kegiatan ini. Dalam surat ini, kami lampirkan susunan panitia dan acara lomba.


Demikian surat permohonan ini kami buat, atas perhatian yang telah diberikan, kami ucapkan terimakasih.

Panitia Kegiatan Lomba HUT RI Ke-77,


Sekretaris                    Ketua


Alca Aulula                  Hafid Rahman

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...