Mengenal Ciri-ciri Pasangan Selingkuh Menurut Psikologi

Tifani
Oleh Tifani
28 Oktober 2022, 13:12
ciri-ciri pasangan selingkuh
Freepik
Ilustrasi, pasangan bertengkar.

Permasalahan dalam hubungan asmara tentu ada banyak jenisnya. Salah satunya adalah, menghadapi isu perselingkuhan yang dilakukan pasangan. Ada banyak alasan mengapa orang yang sudah menikah berani selingkuh.

Bahkan, menurut Psych Central, lebih dari 40% pasangan yang sudah menikah pernah terdampak oleh perselingkuhan, meski diakibatkan oleh micro cheating.

Advertisement

Ciri-ciri Pasangan Selingkuh

Dilansir dari laman doktersehat.com, rupanya pasangan terutama laki-laki yang selingkuh memiliki tanda-tanda secara psikologi. Kondisi psikologi pasangan saat tengah menjalin hubungan terlarang akan tercemin juga dari tingkah laku atau aktivitas.

1. Kebiasaannya Berubah

Tentunya para istri sudah hafal betul hal-hal apa saja yang menjadi kebiasaan suami. Misalnya, bagaimana gaya berpakaian mereka, bagaimana tatanan rambut mereka, atau aroma parfum mereka.

Ketika laki-laki berselingkuh, ia akan cenderung ingin terlihat lebih menarik di depan wanita yang menjadi incarannya. Oleh sebab itu, mereka akan mengubah sedikit demi sedikit kebiasaan mereka sesuai dengan selera wanita yang menjadi incarannya dengan harapan mereka dapat menarik perhatian targetnya.

Meskipun tak semua perubahan kebiasaan merupakan tanda perselingkuhan, namun tidak ada salahnya apabila para istri mulai siaga pada perubahan suami yang cukup mencolok disertai dengan tanda-tanda lainnya.

2. Tidak Lagi Peduli

Hati manusia pada dasarnya tidak didesain untuk “mendua”. Ketika seseorang dalam hubungan mulai jatuh cinta pada pihak ketiga, maka ia akan cenderung “dingin” dan enggan melakukan interaksi dalam bentuk apapun dengan pasangannya.

Biasanya hal ini dipicu oleh perasaan bosan terhadap pasangan dan ditandai dengan minimnya komunikasi yang intim seperti menanyakan kabar, pencapaian karir, maupun hal-hal kecil lainnya yang biasa dibicarakan dengan pasangan. Dalam beberapa kasus, para laki-laki dapat bersikap tidak peduli secara terang-terangan.

Misalnya dengan menolak kontak fisik dengan cara menghardik, atau bahkan tidak menganggap pasangannya ada dan berharga, tidak seperti dirinya yang dulu.

3. Bersikap Impulsif

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan sikap impulsif sebagai sikap seseorang yang selalu berubah-ubah tergantung dengan suasana hatinya. Ciri-ciri laki-laki selingkuh menurut psikologi adalah sikap impulsif ini.

Jika ia sedang merasa senang, maka ia akan melakukannya. Namun jika mood-nya sedang buruk maka ia akan menolak dengan kasar bahkan memiliki kecenderungan untuk melukai pasangannya secara fisik.

Berdasarkan ilmu psikologi, orang yang bersikap impulsif cenderung mudah merasa bosan dan seluruh aktivitasnya sangat ditentukan oleh mood atau suasana hati. Tipikal pasangan yang seperti ini jauh lebih tinggi kemungkinannya untuk melakukan perselingkuhan, bahkan pemicunya pun bisa jadi sangat sepele.

4. Selalu Memicu Pertengkaran

Dr. Susan Krauss Whitbourne, seorang profesor di bidang Psychology and Brain Sciences, mengungkapkan bahwa ketika laki-laki berselingkuh, maka ia akan cenderung sering memicu pertengkaran dengan pasangannya. Hal tersebut biasanya dilakukan bahkan tanpa alasan yang jelas maupun dipicu oleh faktor masalah yang kelihatannya sepele.

Pertengkaran ini bisa menjadi red flag yang harus diperhatikan oleh para istri. Pasalnya dalam beberapa kasus, para pria sengaja memicu pertengkaran agar pasangannya merasa ilfeel atau terluka kemudian meminta agar mereka berpisah.

Namun dalam beberapa kasus pula, pertengkaran tersebut dapat berujung pada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement