Jadwal Gerhana Bulan November 2022 di Indonesia

Anggi Mardiana
3 November 2022, 21:39
gerhana bulan november 2022
Freepik
Ilustrasi, gerhana bulan.

Fenomena gerhana bulan November 2022 dapat diamati dari Indonesia, kejadian alam ini tepatnya akan terjadi pada 8 November 2022. BMKG menyebutkan bahwa gerhana bulan adalah peristiwa cahaya matahari terhalang oleh bumi, akibatnya cahaya tidak semuanya sampai ke bulan.

Gerhana bulan terjadi akibat pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan yang dinamis. Hal ini hanya terjadi ketika memasuki fase purnama dan bisa diprediksi sebelumnya. Ketika posisi bulan-matahari-bumi sejajar maka akan terjadi gerhana bulan total.

Karena posisi sejajar tadi, bulan masuk ke umbra bumi sehingga menyebabkan bulan berwarna merah saat puncak gerhana terjadi. Gerhana bulan November 2022 merupakan fenomena gerhana bulan total.

Jadwal Gerhana Bulan November 2022

Dilansir dari situs resmi BMKG, gerhana bulan total akan terjadi pada Selasa, 8 November 2022. Fase gerhana bulan total akan dimulai pukul 15.00.38 WIB dan berakhir pada pukul 20.57.43 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 17.59.11 WIB.

BMKG merincikan durasi gerhana dari awal hingga akhir akan berlangsung selama 5 jam 57 menit 5 detik. Sedangkan durasi total puncak gerhana bulan November 2022 berlangsung selama 1 jam 25 menit 44 detik.

Sepanjang 2022 telah terjadi total 4 gerhana. Pertama, gerhana matahari sebagian yang terjadi pada 30 April 2022 yang ini tidak bisa diamati dari Indonesia. Kedua, gerhana bulan total yang terjadi pada 16 April 2022 yang juga tidak bisa diamati di Indonesia.

Ketiga, ada gerhana matahari sebagian yang terjadi pada 25 Oktober 2022. Fenomena ini juga tidak diamati dari Indonesia. Namun, pada Selasa mendatang 8 November 2022, gerhana bulan total bisa diamati di Indonesia.

Dampak Gerhana Bulan

Gerhana bulan membawa sejumlah dampak bagi bumi. Berikut ini dampak dari terjadinya gerhana bulan.

1. Kenaikan Air Laut

Peristiwa gerhana bulan bisa mempengaruhi kondisi permukaan laut. Fenomena alam ini bisa menyebabkan gelombang laut mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan oleh dampak dari gaya gravitasi bulan dan matahari yang memberikan efek pasang surut air laut.

2. Planet Mars Terlihat dari Bumi

Ketika gerhana bulan terjadi, terkadang planet Mars terlihat dari bumi. Planet mars muncul dikarenakan meredupnya cahaya matahari yang dipantulkan pada bulan. Dilihat dari bumi, wujud planet mars akan mirip seperti titik bintang yang bersinar terang.

Gerhana bulan November 2022 tidak seperti gerhana matahari yang harus dilihat menggunakan pelindung mata agar indera penglihatan tidak rusak. Terjadinya fenomena alam ini bisa disaksikan dan dinikmati dengan mata telanjang secara langsung.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...