5 Cara Menjinakkan Hamster Agar Bisa Dipegang

Image title
9 November 2022, 05:58
cara menjinakkan hamster
Unsplash/Finney
Ilustrasi, cara menjinakkan hamster

Beberapa hamster perlu dijinakkan sebelum bisa dipegang dengan aman. Waktu yang dibutuhkan hamster untuk menjadi jinak tergantung pada sifat masing-masing hamster.

Beberapa hamster dapat dijinakkan dengan sangat cepat, sedangkan yang lain membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan. Kesabaran, rutinitas, dan kelembutan akan menjadi kunci sukses saat menerapkan cara menjinakkan hamster.

Mulailah menjinakkan hamster saat masih kecil. Usia 3-4 minggu adalah waktu yang ideal untuk mulai berinteraksi dengan hamster. Hamster yang masih muda akan lebih mudah dijinakkan. Mengutip Pets at Home, berikut cara menjinakkan hamster.

Cara Menjinakkan Hamster

Ada lima cara menjinakkan hamster, yaitu:

1. Membiasakan Hamster Mendengar Suara

Cara menjinakkan hamster dimulai dengan membiasakan hamster mendengan suara Anda. Sebelum mencoba memegang atau menyentuh hamster, ada baiknya membiasakan hamster dengan suara Anda. Berbicara dengan lembut di luar kandang merupakan cara terbaik agar hamster mengetahui suara.

2. Biasakan Hamster Berada di Tangan

Setelah hamster terbiasa dengan suara, cobalah mengenalkan diri dengan menempatkan tangan di dalam kandang atau melalui jeruji kandang dan tawarkan mereka makanan hamster. Jangan mencoba menyentuh atau memegang hamster. Biarkan mereka mendekat dan terbiasa dengan bau Anda.

3. Tempatkan Makanan Hamster di Telapak Tangan yang Terbuka

Cara menjinakkan hamster selanjutnya dilakukan setelah hamster mendekat dan mulai terbiasa dengan tangan. Coba letakkan makanan hamster di telapak tangan agar ia mendekat. Jangan coba-coba memegang atau menyentuh hamster, biarkan mereka mengambil camilan dari telapak tangan.

Hamster mungkin naik ke tangan tetapi hindari mengangkatnya sampai mereka benar-benar nyaman. Ada baiknya mengulangi cara ini beberapa kali untuk membantu mereka merasa nyaman.

4. Pegang Hamster

Setelah hamster terbiasa dengan tangan di dalam kandang, coba letakkan makanan hamster di telapak tangan lagi. Jika hamster Anda naik seluruhnya ke telapak tangan, angkat dia dengan lembut. Pada awalnya, hamster mungkin terkejut dan melompat. Tetap coba angkat hamster dengan perlahan dan berulang kali agar hamster merasa aman saat dipegang.

5. Biasakan Hamster Berada di Luar Kandang

Hamster memerlukan waktu untuk terbiasa dengan semua pemandangan dan suara kehidupan di luar kandangnya. Ingatlah untuk menjinakkan hamster dengan perlahan dan beri makanan hamster untuk hewan peliharaan atas perilakunya yang baik. Jika hamster terlihat stres atau tidak nyaman, masukkan kembali ke kandangnya.

Makanan Hamster

Buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah ini cocok untuk makanan hamster. Berikut makanan hamster berupa sayuran:

  • Wortel.
  • Brokoli.
  • Kubis.
  • Bunga kol.
  • Bayam.
  • Paprika manis.
  • Timun.
  • Selada.
  • Labu siam.

Buah-buahan yang dapat dijadikan makanan hamster yaitu:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...