6 Tips Menggunakan Sunscreen yang Benar untuk Melindungi Kulit

Destiara Anggita Putri
9 November 2022, 11:14
Tips Menggunakan Sunscreen
Unsplash
Ilustrasi, sunscreen.

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit atau skincare yang wajib dimiliki. Hal ini dikarenakan sunscreen dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga minimalis resiko terkena kanker kulit. 

Tidak hanya itu, sunscreen juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada kulit, meratakan warna kulit,serta menjaga elastisitas kulit.  Namun, ada beberapa orang yang tidak mengetahui cara memakai sunscreen yang benar.. Hal ini pun membuat kulit tidak dapat terlindung secara maksimal. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menggunakannya dengan benar. Untuk lebih jelasnya,  simak enam tips menggunakan sunscreen yang baik dan benar dibawah ini.  

1. Pilih Sunscreen Dengan SPF 30

Tips pertama bisa Anda lakukan adalah memilih produk sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. SPF (sun protection factor) sendiri merupakan standar ukuran perlindungan yang dimiliki sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet B (UVB).

Dengan demikian, semakin tinggi kandungan SPF-nya maka semakin tinggi juga perlindungannya terhadap sinar UVB. Walaupun begitu, American Cancer Society menyarankan untuk menggunakan produk sunscreen dengan kadar SPF minimal 30. 

Dengan kadar SPF ini,maka kulit Anda dapat terlindung dari 97% paparan sinar UVB.

Tidak hanya memilih kadar SPF yang tepat,  Anda juga perlu memilih sunscreen yang berlabel label broad-spectrum. Pasalnya label ini merupakan bukti jika produk sunscreen tersebut juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA.

Jika kulit terlindung dari sinar UVA, maka risiko mengalami penuan dini dan kanker kulit akn berkurang. Anda bisa melihat broad spectrum ini dari banyaknya tanda plus di kemasan. Jika tanda plus nya semakin banyak maka semakin baik pula perlindungan dari sinar UVA.

Namun jika tidak ada label tersebut di kemasan, itu berarti produk sunscreen tersebut hanya sia melindungi kulit dari paparan sinar matahari namun tidak dari risiko penuan dini dan kanker kulit. 

2. Kocok Sebelum Digunakan 

Sebelum menggunakan sunscreen, pastikan Anda mengocoknya terlebih dahulu, Hal ini perlu dilakukan baik untuk jenis sunscreen  dalam wadah tube maupun spray 

Hal ini bertujuan untuk mencampur  partikel yang mungkin menggumpal di dalam wadah. Dengan demikian, cairan atau krim sunscreen dapat melindungi lapisan kulit Anda dengan lebih maksimal dan merata. 

3. Oleskan Sunscreen 15-30 Menit Sebelum ke Luar Rumah

Jika Anda ingin keluar rumah, pastikan Anda telah mengoleskan sunscreen 15- 30 menit sebelumnya. Hal ini dikarenakan, menurut American Academy of Dermatology, waktu tersebut ideal bagi sunscreen untuk diserap oleh kulit dan mencegah luntur saat berkeringat. 

Jika Anda baru menggunakan beberapa saat sebelum keluar rumah, maka Ada akan beresiko mengalami kulit terbakar karena kulit Anda tidak mendapatkan perlindungan apapun.  

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...