Cara Memisahkan Tabel di Word Beserta Alternatif Cara Lainnya

Destiara Anggita Putri
17 November 2022, 12:04
Cara Memisahkan Tabel di Word
Freepik
Ilustrasi, mengetik dokumen.

Microsoft Word merupakan software yang merupakan bagian dari Microsoft Office dan sering digunakan untuk membuat berbagai macam. Dalam membuat tulisan, terkadang Anda perlu membuat tabel sebagai daftar atau list.

Untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan fitur tabel yang telah tersedia di Microsoft Word. Fitur tabel sendiri pun juga cukup beragam. Salah satunya adalah memisahkan tabel sesuai keinginan menggunakan fitur Split. Fitur ini memang berfungsi untuk memisahkan antara tabel  atas dan bawah.

Misalnya Anda ingin memisahkan tabel 8 baris menjadi format 4 baris 4 baris. Dengan menggunakan fitur Split, maka Anda tidak perlu repot-repot membuatnya dari awal karena bisa dipisahkan secara otomatis. 

Bila Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengunakan fitur ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Tabel di Word

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara membuat tabel yang benar sebelum memisahkannya. Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui menu tab Insert. Anda cukup mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini

  • Buka Microsoft Word
  • Klik menu tab Insert
  • Lalu pilih Table
  • Akan ada beberapa pilihan mulai dari Insert Table, Draw Table, Convert Text to Table, Excel Spreadsheet, dan Quick Table.
  • Pilih opsi Insert Table dan masukkan jumlah kolom dan baris sesuai kebutuhan. Atau dapat menggerakkan kursor dan menyorot jumlah kolom dan baris pada menu Table Size

Jika Anda memiliki pesan teks yang akan dibuat tabel, Anda juga bisa mengkonversinya menjadi tabel dengan cepat. Caranya adalah pilih Insert lalu pilih Tabel kemudian pilih Konversi Teks ke Tabel.

Cara Merapikan Tabel di Word

Ketika membuat tabel di Word, terkadang hasilnya tidak dapat langsung rapi dan teratur. sehingga Anda perlu merapikannya. Berikut cara merapikan tabel di Word yang berantakan.

  • Klik kanan pada mouse di tabel yang sudah Anda buat
  • Pada bagian Context Menu, pilih opsi Table Properties
  • Kemudian untuk merapikan isi tabel Anda bisa memilih tata letak Left, Center, atau Right. Sesuaikan posisi agar tampilan terlihat rapi dan estetis

Bila Anda ingin memindahkan tabel dari satu kesatuan dengan teks pada lembar kerja dalam Table Properties, Anda bisa memilih Move with Text dan Allow Overlap yang berada di bagian bawah. Pastikan Anda mematikan centang pada kotak agar Anda bisa bebas memindahkan tabel.

Cara Memisahkan Tabel di Word

Setelah mengetahui cara membuat serta merapikan tabel, Anda bisa memisahkan nya jika dibutuhkan menggunakan fitur Split. Caranya pun mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti langkah langkah di bawah ini. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...