3 Cara Membuat Sertifikat di Word

Destiara Anggita Putri
17 November 2022, 17:13
Cara Membuat Sertifikat di Word
pixabay.com
Ilustrasi mengetik di Microsoft Word

Sebagai software populer, Microsoft Word sering digunakan untuk membuat berbagai dokumen. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa menggunakan fitur di dalamnya untuk membuat sertifikat.

Sertifikat sendiri sering digunakan sebagai bentuk penghargaan kepada peserta setelah sebuah event berlangsung. Untuk membuatnya sendiri, banyak orang masih merasa kesulitan karena hal ini memerlukan kemampuan editing.

Namun dengan MS Word, Anda tidak memerlukan kemampuan tersebut karena software ini telah menyediakan banyak template untuk dipilih. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Membuat Sertifikat di Word

Bila Anda ingin membuat sertifikat di Word, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan sesuai kebutuhan. Simak pembahasan masing-masing metode berikut ini.

1. Menggunakan Template

Cara pertama adalah menggunakan template yang telah tersedia di MS Word. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorialnya di bawah ini.

  • Buka aplikasi Microsoft Word di laptop dan klik New. 
  • Setelah itu, di kolom pencarian, ketik Certificate, dan kemudian akan muncul banyak pilihan model sertifikat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.. 
  • Klik salah satu yang paling sesuai. 
  • Kemudian, klik tombol Create
  • Anda akan dibawa masuk ke dalam halaman utama Microsoft Word dan mulai ganti sesuai dengan konten sertifikat yang diinginkan. 
  • Cukup klik bagian yang ingin diganti dan ketik kata yang sesuai. Anda juga bisa mengganti warna atau menambahkan gambar di sertifikat.
  • Jika sudah selesai, Anda  bisa menyimpan  dengan cara seperti membuat dokumen Microsoft Word pada umumnya. Namun, lebih baik untuk menyimpannya dalam bentuk PDF agar lebih muda dicetak..

2. Secara Manual

Cara ini  bisa Anda lakukan jika tidak menemukan template yang sesuai pada cara sebelumnya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...