5 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Destiara Anggita Putri
25 November 2022, 16:19
Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan
Unsplash
Ilustrasi, kacang almond.

Jika Anda sedang mencari camilan yang sehat dan enak, makan kacang almond bisa menjadi pilihan yang tepat. Kacang ini memiliki bulir besar sehingga membuat Anda merasa kenyang setelah memakannya.

Kacang almond sendiri bisa dinikmati dengan berbagai cara mulai dari dipanggang, dijadikan taburan kue kering, atau diolah menjadi susu almond. Selain itu, kacang almond juga mengandung sejumlah nutrisi penang untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut antara lain lemak sehat, protein, serat, vitamin, dan mineral.

Berikut ini pembasahan ima manfaat kacang almond untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak orang cenderung mengurangi makan cemilan selama diet agar berat badannya tidak bertambah. Bila Anda juga demikian, kacang almond bisa dijadikan alternatif cemilan yang menyehatkan.

Bahkan, makan kacang ini dapat menyatu menurunkan berat badan. Hal ini telah berhasil dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam jurnal International Journal of Obesity.

Penelitian ini melaporkan  bawah responden yang mengkonsumsi kacang almond berhasil mengalami penurunan berat badan dengan persentase yang lebih besar dibandingkan yang tidak makan kacang ini.  Hal ini dikarenakan kacang almond mengandung lemak baik sehingga dapat  membantu metabolisme lemak yang turut mendukung program diet Anda

Manfaat lain dari kacang almond adalah dapat memberikan efek kenyang dan berpotensi mencegah binge eating. Rasa kenyang ini diperoleh dari kandungan protein dan serat yang terdapat pada kacang almond.

Manfaat ini pun juga telah dibuktikan oleh beberapa studi. Sebuah studi yang melibatkan 32 responden permupa sehat menunjukan bawah mengkonsumsi kacang ini dapat memberikan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan makan.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang melibatkan 37 responden menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1,5 ons atau 43 gram almond setiap hari secara signifikan dapat mengurangi rasa lapar.

Namun, Anda sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. pasalna, kacang almond mengandung tinggi kalori yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

2. Menyehatkan Jantung

Mengkonsumsi kacang almond juga dapat menyehatkan jantung Anda. Hal ini dikarenakan kacang almond dapat meningkatkan kadar antioksidan di pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah sekaligus melancarkan aliran darah. 

Manfaat ini bisa diperoleh karena adanya kandungan lemak baik yang terdapat pada kacang almond. Mengkonsumsi kacang almond juga disarankan oleh sebuah studi tahun 2008 dari jurnal Nutrients. Studi ini menganjurkan untuk makan kacang almond sebesar 45 gram untuk kesehatan jantung. 

Selain lemak baik, kacang almond juga mengandung serat, antioksidan flavonoid, dan vitamin E yang berperan untuk melindungi organ vital.   Namun, manfat ini bisa diperoleh jika Anda menyimpan kacang almond dengan benar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...