Cara Membuat Header Berbeda Tiap Halaman

Image title
28 November 2022, 17:48
Cara Membuat Header Berbeda Tiap Halaman
Pribadi
Ilustrasi, header pada Microsoft Word.

Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikeluarkan oleh Microsoft. Awalnya, memiliki nama Microsoft Word atau sering disebut Ms Word. Namun pada seri Microsoft 365, hanya menjadi ‘Word.’

Word pertama kali diciptakan oleh William Henry Gates III, atau lebih dikenal sebagai Bill Gates. Ia tidak lain adalah pendiri Microsoft Corporation, dan merupakan pebisnis kelas dunia yang memiliki jumlah kekayaan sangat tinggi.

Dirils pada 1983, Word berhasil dikembangkan oleh Microsoft dan masih populer hingga sekarang. Hal tersebut juga dikarenakan inovasi-inovasi yang memudahkan pengguna.

Pada awalnya, Microsoft meluncurkan software dengan nama Multi-Tool Word. Diketahui hanya dapat dioperasikan oleh perangkat dengan sistem Xenix. Tak lama sejak itu, Multi-Tool Word bisa digunakan pada komputer Macintosh atau Mac, AT & T Unic, Atari ST OS/2, IBM, macOS dan SCO Unix.

Enam tahun setelahnya, Microsoft Word bisa dioperasikan pada komputer berbasis Windows. Fitur yang disediakan kala itu masih sederhana dan hanya tentang penulisan semata. Misalnya seperti italic, bold, underline dan undo.

Cara Membuat Header Berbeda Tiap Halaman

  1. Buka Word dan pilih file yang ingin disunting.
  2. Klik tab ‘Insert’.
  3. Pilih ‘Header’.
  4. Atur header dengan mengganti tulisan atau tampilan sesuai yang diinginkan.
  5. Header akan muncul di bagian atas dokumen.
  6. Setelah membuat Header, klik tab ‘Design’ untuk membuat Header yang berbeda di halaman selanjutnya.
  7. Berikan centang untuk ‘Different First Page’ agar Header sebelumnya hanya berlaku pada halaman pertama.
  8. Berikan centang untuk ‘Different Odd & Even Pages’ untuk perbedaan Header di halaman ganjil dan genang.
  9. Klik ‘Close Header and Footer’.

Itulah cara membuat header berbeda tiap halaman. Cara di atas juga bisa Anda terapkan untuk Footer, yaitu bagian margin bawah dokumen.

Fungsi Word

Berikut ini adalah fungsi-fungsi Word yang dilansir dari situs Dailysocial:

1. Pembuatan dan Pengeditan Dokumen

Menjadi fungsi yang paling mendasar, Word memudahkan Anda untuk membuat dokumen berbasis tulisan. Pada lembar kerjanya, kita bebas menulis apa saja. Fitur yang termuat juga memudahkan dalam menyunting tampilan hingga penyusunan data dengan rapi.

Pengguna dapat mengatur tulisan sedemikian rupa. Selain itu, juga ada template bawaan yang bisa diunduh secara gratis. Menariknya lagi, Word juga sudah terhubung dengan layanan email Outlook yang bisa digunakan untuk bertukar dokumen.

2. Memformat dan Menyimpan Dokumen

Fungsi ini berkaitan dengan teknis penulisan. Lengkapnya fitur Word, memudahkan Anda dalam memformat dokumen. Anda dapat membuat tulisan menjadi cetak miring, tebal, garis bawah, berwarna dan tersorot.

Tak hanya itu, termasuk di dalamnya penerapan header dan footer. Header adalah bagian dokumen yang ada di margin atas. Sedangkan footer bagian dokumen yang muncul di margin bawah. Biasanya header dan footer digunakan untuk penandaan dokumen seperti kop surat.

Selain itu, Word juga menawarkan penyimpanan gratis dan otomatis. Ketika Anda membuat dokumen lupa menyimpannya, sistem Word akan mengamankan dokumen tersebut.

3. Mencetak Dokumen

Selain lembar dokumen digital, Anda juga bisa mengatur tampilannya apabila ingin dicetak. Sebelum dicetak, Anda dapat meninjau dokumen agar tidak ada penempatan atau penulisan yang keliru. Lebih jelasnya, klik ‘File’ lalu pilih opsi ‘Print.’ Maka hasil tinjauan dan dokumen Anda siap untuk dicetak.

4. Alat Kolaborasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, gebrakan Microsoft 365 membuat pengguna lebih mudah dalam membagikan dokumen. Keunggulan lainnya juga memungkinkan kita untuk membuat dan menyunting dokumen bersama pengguna lain secara langsung dan real-time. Fitur ini juga bisa diterapkan pada perangkat lunak Microsoft lainnya seperti Excel.

Berlangganan Microsoft Word

Word biasanya sudah termuat untuk komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Namun, Microsoft juga menawarkan layanan Word berbayar untuk Anda yang aktif dan membutuhkan layanan lanjutannya. Berikut ini adalah rinciannya.

1. Microsoft 365 Personal

  • Digunakan untuk satu orang.
  • Berbagi dan kolaborasi real-time.
  • Word untuk web dan aplikasi desktop Word untuk pengguna offline.
  • Ejaan dan tata bahasa tingkat lanjut, tips pembelajaran dalam aplikasi, dan lebih dari 20 bahasa.
  • Templat, font, ikon, dan stiker premium dengan ribuan opsi yang dapat dipilih.
  • Pendiktean, perintah suara, dan transkripsi.
  • Penyimpanan cloud sebesar 1 TB.
  • Aplikasi seluler, web, dan desktop premium.
  • Keamanan tingkat lanjut.
  • Pengalaman tanpa iklan.

2. Microsoft 365 Family

  • 1-6 orang pengguna
  • Berbagi dan kolaborasi real-time
  • Word untuk web dan aplikasi desktop Word untuk pengguna offline
  • Ejaan dan tata bahasa tingkat lanjut, tips pembelajaran dalam aplikasi, penggunaan dalam lebih dari 20 bahasa
  • Template, font, ikon, dan stiker premium dengan ribuan opsi yang dapat dipilih
  • Pendiktean, perintah suara, dan transkripsi
  • Penyimpanan cloud hingga 6 TB (1 TB per orang)
  • Aplikasi seluler, web, dan desktop premium
  • Keamanan tingkat lanjut
  • Pengalaman tanpa iklan
  • Fitur keamanan premium untuk keluarga di aplikasi seluler Family Safety

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait