35 Contoh Pantun Nyindir Orang

Image title
9 Desember 2022, 18:00
Pantun Nyindir Orang
pixabay.com/StockSnap
Ilustrasi, seorang anak tengah membaca buku.

Pantun merupakan jenis puisi lama dimana setiap bait (kuplet) umumnya terdiri dari empat baris dengan sajak a-b-a-b. Selain itu, setiap larik pada pantun umumnya terdiri atas empa kata dimana baris pertama dan kedua digunakan sebagai sampiran dan baris ketiga dan  keempat sebagai isi.

Pantun sendiri, merupakan karya sastra yang dibuat dengan berbagai tujuan baik untuk mengedukasi ataupun untuk menghibur. Pantun bahkan bisa digunakan untuk menyindir baik kepada teman, pasangan, atau orang lain dalam berbagai situasi tertentu.

Jika Anda ingin menyindir seseorang lewat pantun, simak contohnya di bawah ini

Pantun Nyindir Orang

Berikut ini 35 contoh pantun nyindir orang dari berbagai sumber sebagai referensi Anda untuk membuat pantun serupa.

Contoh Pantun 1

Ada baju bergambar hati

Sudah lama tak terpakai

Lain di mulut lain di hati

Berteman hanya melukai

Contoh Pantun 2

Masakan enak ditambah bawang

Sedap dimakan bersama teman

Orang sombong pasti terbuang

Tak punya saudara tak punya teman

Advertisement

Contoh Pantun 3

Ada sofa rasanya nyaman

Bahan lembut banyak lipatan

Kenapa dia mengaku teman

Tapi berbuat penghianatan

Contoh Pantun 4

Sungguh enak buah ceri

Ditambah gula dari si Ani

Teman sejati susah dicari

Teman palsu banyak di sini

Contoh Pantun 5

Banyak buah dibawa paman

Buah matang dari rumah belakang

Bagaimana disebut teman

Dia menusuk dari belakang

Contoh Pantun 6

Sungguh segar buah beri

Yang matang baunya wangi

Beribu maaf telah kuberi

Beribu salah dia ulangi

Contoh Pantun 7

Ada banyak bunga di taman

Ada tulip ada kamboja

Katanya orang mengaku teman

Kalau ada maunya saja

Contoh Pantun 8

Di taman ada air mancur

Sekitarnya ada burung perkutut

Kusangka teman yang jujur

Rupanya musuh dalam selimut

Contoh Pantun 9

Pohon kelapa tak ada ranting

Duannya dipotong memakai gunting

Untuk apa berdebat tak penting

Dengan orang yang berpikiran sinting.

Contoh Pantun 10

Ke Semarang sama masinis

Di perjalanan melihat gadis

Ada orang bibirnya manis

Tapi omongnya kelewat sadis.

Contoh Pantun 11

Jalan di desa banyak belokan

Pergi ke sana naik angkutan

Percuma saja main keroyokan

Itu namanya tidak jantan.

Contoh Pantun 12

Kereta kuda boleh disewa

Tapi jangan ke rawa-rawa

Jangan penah bersikap jumawa

Karena kelak bikin kecewa.

Contoh Pantun 13

Ujung desa hutannya lebat

Jaraknya jauh menuju kota

Lama sudah kita bersahabat

Kenapa ada dusta di antara kita.

Contoh Pantun 14

Kucing anggora bulunya lebat

Sangat suka memakan donat

Aku kira orang yang hebat

Tapi rupanya hanya penghianat.

Contoh Pantun 15

Buah mangga dicampur duku

Tumbuk bersama dibuat jamu

Sudah jangan ganggu diriku

Muak dengan tingkah lakumu.

Contoh Pantun 16

Datang hujan, bajunya lusuh

Kakak dipeluk sama pengasuh

Buat yang merasa jadi musuh

Jangan pengecut membuat rusuh.

Contoh Pantun 17

Danau berbau terkesan anyir

Airnya ditaruh di dalam cangkir

Buat musuh yang suka nyinyir

Lebih baik kalian menyingkir.

Contoh Pantun 18

Hewan marmut terlihat imut

Makan buah yang rasanya kecut

Ada musuh dalam selimut

Hanya mampu jadi pengecut.

Contoh Pantun 19

Ke hutan lebat petik pepaya

Nenek ke sana pakai kebaya

Ada seseorang paling dipercaya

Ternyata aslinya sejahat buaya.

Contoh Pantun 20

Daun nangka bergoyang-goyang

Buahnya dipetik oleh Pak Tukang

Aku sangka teman tersayang

Ternyata menusuk dari belakang.

Contoh Pantun 21

Melompat-lompat seekor kera

Sambil membawa sebuah bendera

Ngaku-ngakunya jadi saudara

Ternyata hanya berpura-pura.

Contoh Pantun 22

Ada lumut di kayu jati

Kayunya dibuat sekotak peti

Lain di mulut, lain di hati

Jadi teman hanya menyakiti.

Contoh Pantun 23

Toris datang berambut pirang

Sambil membawa sebilah parang

Buat musuh yang main curang

Sangat hebat dalam mengarang.

Contoh Pantun 24

Bawa kendi ke atas gerbong

Kendi ditutup dengan serobong

Jangan menjadi orang sombong

Nanti hidupnya kaya kecebong.

Contoh Pantun 25

Jalan-jalan ke kota Bontang

Jangan lupa beli salak

Susahnya nagih utang

Yang ditagih lebih galak

Contoh Pantun 26

Panas terik di siang bolong

Pake topi berlapis tiga

Jadi orang jangan sombong

Nanti susah masuk surga

Contoh Pantun 27

Jalan-jalan ke negeri Yaman

Keliling kota naik unta

Di depan ngakunya teman

Di belakang kita dicerita

Contoh Pantun 28

Pagi hari sarapan bubur

Siangnya makan ketan

Ku sangka dia orang jujur

Rupanya menggunting dalam lipatan

Contoh Pantun 29

Sakit gigi minum obat

Jangan buang dalam longkang

Ku sangka dia sahabat

Rupanya menusuk dari belakang

Contoh Pantun 30

Dari desa pergi ke kota

Jangan lupa membeli nangka

Orang yang selalu dusta

Tak ada teman yang suka

Contoh Pantun 31

Kalo HP gak ada pulsa

Mau nelpon begitu sulit

Kalo ngutang suka maksa

Kalo kaya begitu pelit

Contoh Pantun 32

Bunga mawar bunga melati

Ada kucing ada anjing

Katanya tetangga baik hati

Bibir manis suka menggunjing

Contoh Pantun 33

Dagang bakso membawa rombong

Harum baunya minyak senyong-nyong

Ada orang ngomongnya sombong

Pasti mulutnya bertambah monyong.

Contoh Pantun 34

Dodol durian kue ratu

Semuanya mama yang bikin

Keren juga hp baru

Utang lama udah dibalikin?

Contoh Pantun 35

Teko ceret asal Donggala

Tinggal satu boleh dibeli

Keras banget kepalanya

Lewat itu batu kali

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait