10 Aplikasi Musik Terbaik 2022, Unik dan Mudah Digunakan

Sekarang sudah banyak muncul aplikasi pemutar musik. Di bawah ini merupakan 10 daftar aplikasi musik terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mendengarkan musik favoritmu.
Image title
6 September 2022, 15:11
aplikasi musik terbaik
pexels/Mihis Alex
Ilustrasi, aplikasi musik.

Ketika zaman sudah berkembang, demikian dengan teknologi yang memang tidak ada habisnya. Ketika dulu kita mendengarkan musik melalui radio, televisi ataupun pemutar compact disk (CD), sekarang semuanya sudah dalam genggaman. Tidak lain adalah ponsel pintar yang bisa saja sedang kamu gunakan untuk membaca tulisa ini.

Banyak sekali aplikasi musik yang bertebaran. Dengan keunggulan masing-masing, sebagai pendengar juga pasti memiliki selera. Dalam memilih pemutar musik, terdapat pertimbangan. Beberapa di antaranya adalah gudang lagu, fitur di dalamnya hingga kualitas audio.

Tulisan berikut ini akan mengulan 10 aplikasi musik terbaik yang bisa menjadi insight untuk kamu yang gemar mendengarkan musik. Simak, ya!

  1. Spotify

    LOGO SPOTIFY
    LOGO SPOTIFY (spotify.com)


    Aplikasi satu ini sedang berada di puncaknya. Tak diragukan lagi, selain dapat diakses secara gratis, lagu-lagunya juga cukup lengkap dan sangat update. Secara langsung dikembangkan oleh Spotify, aplikasi ini mendapatkan penilaian 4,8 dari 5 bintang pada App Store.

    Advertisement

    Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan lagu secara offline dengan mengunduh lagu dan memuatnya ke dalam playlist. Tak jarang Spotify digunakan para penyanyi untuk promosi, maka dari itu lagunya sangat update. Tak heran apabila Spotify menempati urutan pertama untuk aplikasi musik terbaik.

  2. Apple Music

    LOGO APPLE MUSIC
    LOGO APPLE MUSIC (applemusic.com)


    Apple Music awalnya eksklusif hanya dapat digunakan oleh pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS. Kabar baiknya, sekarang dapat diunduh bebas di Google Play dengan berlangganan.

    Untuk pengguna iOS pun harus berlangganan terlebih dahulu untuk mendengarkan lagu. Walaupun berbayar, kualitas audionya tidak main-main. Audio yang dikeluarkan cenderung lebih jernih dibanding aplikasi lain. Sangat cocok untuk penikmat musik yang gemar mendengar lagu.

  3. SoundCloud

    LOGO SOUNDCLOUD
    LOGO SOUNDCLOUD (soundcloud.com)


    Aplikasi musik terbaik berikutnya adalah SoundCloud. Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai wadah musisi lepas untuk bebas mengunggah musik mereka. Banyak sekali penyanyi dan produser musik yang mempublikasikan unreleased song mereka di platform ini sebelum resmi merilisnya di aplikasi lain.

    Maka dari itu, sangat cocok untuk kamu yang ingin bereksplorasi dengan musik. Kamu bisa menemukan musik underground yang tidak tahu siapa musisi dibalik itu.

    Aplikasi ini bebas diunduh digunakan tanpa iklan. Tetapi, ada fitur andalan yang bisa kamu dapatkan apabila berlangganan premium.

  4. Joox

    LOGO JOOX
    LOGO JOOX (joox.com)


    Sama seperti Spotify dan Apple Music, Joox juga merupakan aplikasi pemutar musik yang cukup terkenal. Lagu-lagunya cukup banyak namun tidak selengkap dua aplikasi tersebut. Interfacenya sederhana dan mudah digunakan, mirip seperti pemutar musik pada umumnya.

    Menariknya, terdapat fitur karaoke yang bisa kamu gunakan untuk menyanyikan lagu kesukaanmu. Jangan khawatir, mereka sudah menyediakan lirik dan efek-efek suara yang bisa memperindah suaramu.

  5. YouTube Music

    LOGO YOUTUBE MUSIC
    LOGO YOUTUBE MUSIC (music.youtube.com)


    Hal ini merupakan salah satu gebrakan dari YouTube baru-baru ini. Walaupun terhitung baru, popularitasnya cukup melesat dengan cepat. Hal tersebut lantaran kelengkapan lagu dan mudahnya apliaksi ini digunakan.

    Tak hanya lagu yang ada di YouTube Music, kamu juga bisa mendengarkan audio dari video-video di YouTube. Jadi, kamu lebih bebas mendengarkan apa saja yang kamu inginkan. Aplikasi ini dapat digunakan lebih bebas ketika berlangganan versi premiumnya. Namun, sepertinya bukan masalah besar dengan fitur unggulan yang mereka miliki.

  6. Resso

    LOGO RESSO
    LOGO RESSO (resso.com)


    Pemutar musik ini tergolong baru, tepatnya rilis pada tahun 2020. Walaupun demikian, popularitasnya melesat naik seiring dengan promosi gencar yang mereka lakukan, khususnya di platform TikTok.

    Meski baru, lagu yang mereka sediakan juga cukup banyak dan berasal dari penyanyi berbagai negara. Pihaknya juga menyediakan lirik untuk setiap lagu. Selain itu, juga ada fitur radio untuk kamu yang mungkin bosan memutar lagu.

  7. Audiomack

    LOGOO AUDIOMACK
    LOGOO AUDIOMACK (audiomack.com)


    Berikut ini adalah AudioMack yang kerap memuat lagu-lagu dari musisi yang tak cukup banyk diketahui. Cocok untuk kamu yang suka eksplorasi lagu!

    AudioMack mengunggah lagu secara update dan juga dapat didengarkan secara offline. Popularitasnya terlihat dari penilaian 4,8 dari 5 bintang di App Store. Banyak yang menggemari aplikasi ini karena mudah digunalan ketika offline.

  8. LangitMusik

    LOGO LANGITMUSIK
    LOGO LANGITMUSIK (play.langitmusik.co.id)


    Pemutar musik online ini merupakan asli buatan Indonesia. Sangat pas untuk kamu yang menggunakan provider Telkomsel, karena bisa mendengarkan lagu secara gratis dan tidak dipungut data internet. Lagu yang mereka sediakan juga cukup update dan tidak kalah dengan aplikasi lainnya.

  9. Shazam

    LOGO SHAZAM
    LOGO SHAZAM (shazam.com)


    Aplikasi musik ini merupakan kembangan Apple dan tentu terkoneksi dengan Apple Music. Koleksi lagunya lengkap dengan interface yang tidak membingungkan.

    Menariknya, Shazam memiliki fitur unik yang tidak banyak dimiliki aplikasi lain. Dengan Shazam, kamu bisa mencari tahu lagu yang tidak diketahui. Hanya dengan mendengarkan sumber suara, aplikasi ini akan mendeteksi lagu apa yang diputar. Unik banget, ‘kan?

  10. Musixmatch

    LOGO MUSIXMATCH
    LOGO MUSIXMATCH (musixmatch.com)


    Musixmatch ini seharusnya tidak asing untuk pengguna Spotify. Tepatnya ketika kamu membuka lirik, selalu ada tulisan “Lyrics provided by Musixmatch.” Yup, benar! Aplikasi ini adalah penyedia lirik untuk pemutar musik.

    Terdapat beberapa fitur unik yang menarik. Di antaranya adalah Floating Lyrics, dimana kamu bisa membaca lirik lagu yang sedang didengarkan sambil membuka aplikasi lain. Berikutnya yaitu kemampuan aplikasi dalam mendeteksi lagu. Hampir mirip dengan Shazam, Musixmatch juga mendeteksi lagu melalui mikrofon.

    Nah, dari ulasan di atas, ternyata pemutar musik online tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Mulai dari gudang lagu hingga fitur-fitur tambahan yang bisa memudahkan kita dalah mencari tahu lagu. Selain itu, banyak juga aplikasi yang memungkinkan untuk digunakan saat offline, lhoh!

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait