B2B Adalah Transaksi Antar Pelaku Usaha, Ini Penjelasan Lengkapnya

Dwi Latifatul Fajri
14 Juli 2022, 13:12
B2B adalah
pixabay.com/mwitt1337
Ilustrasi, kerjasama Business-to-Business atau B2B.

Business-to-business atau B2B adalah jenis bisnis yang menghubungkan antara perusahaan satu dengan yang lain. B2B lebih berfokus pada kualitas produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan. Adanya B2B ini mementingkan konsep kerjasama yang berkelanjutan dengan para pelanggan.

B2B digunakan untuk penjualan produk barang dan jasa yang berikan satu bisnis ke bisnis lain, bukan konsumen. Mengutip dari jurnal.id, contoh bisnis B2B adalah perusahaan menjual bahan makanan ke restoran atau bisnis kuliner. Biasanya B2B diperuntukkan untuk perusahaan bukan perorangan atau kelompok.

Definisi B2B

Business to Business (B2B) disebut juga pemasaran bisnis ke bisnis. Mengutip buku "Keputusan Pembelian Online", B2B adalah interaksi yang terjadi antara produsen dengan distributor atau pengecer. Perusahaan ini bisa bergerak di berbagai bidang seperti industri rumah tangga, penyedia barang, dan jasa.

Sedangkan distributor atau pengecer kemudian menyalurkan produk ke konsumen. B2B termasuk interaksi umum dan secara tidak langsung berinteraksi dengan konsumen.

Beberapa perusahaan terlibat secara langsung dengan pemasok, distributor, pabrik, dan toko. Transaksi yang digunakan menggunakan dua sistem. Contoh B2B lainnya yaitu Walmart sebagai toko retail besar yang bekerjasama dengan pemasok barang.

Manfaat B2B

Mengutip buku "Konsep Sistem Informasi", ada sederet manfaat yang didapatkan dalam transaksi secara B2B. Keuntungan perusahaan menjalankan B2B adalah sebagai berikut:

  1. Menghemat Biaya
  2. Dapat meningkatkan pendapatan
  3. Mempercepat pengiriman barang dan jasa
  4. Mengurangi biaya administrasi
  5. Dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan
  6. Keuntungan lain yaitu lebih menghemat waktu dan praktis. Contohnya situs layanan B2B menyediakan kebutuhan
  7. produk pelanggan tanpa repot mencari melalui katalog produk
  8. Lebih efektif dan efisien karena B2B tidak melewati proses negosiasi harga yang panjang
  9. B2B menggunakan kesepakatan kerja sama di awal
  10. Keuntungan lebih besar untuk mengurangi surat menyurat transaksi atau riset harga pasar
  11. B2B memakai sistem tingkat keamanan tinggi untuk menjaga data pelanggan
  12. Transaksi yang dilakukan transparan dan mendukung good corporate governance. Sehingga setiap transaksi mudah dipantau, ada rekam jejak, dan terekam dalam sistem.

Perbedaan B2B dan B2C

B2C adalah singkatan dari business-to-consumer, yaitu model penjualan bisnis langsung ke pelanggan. Jadi berbeda dengan B2B yang menjalin kerjasama antar perusahaan. Berikut perbedaan antara B2B dan B2C, mengutip dari buku Online Marketing:

  • B2B lebih fokus pada industri karena kerjasama antar perusahaan. Sedangkan B2C lebih fokus pada konsumen.
  • Penggunaan sosial media bisa berbeda dari jenis usaha ini. Ada penyesuaian dan karakteristik untuk sosial media.
  • Pendekatan konten media sosial dan website B2B fokus pada edukasi dan solusi.
  • Referensi dan solusi pengalaman lebih penting untuk B2B dibanding B2C
  • B2C menggunakan social public relation yang tidak terpisahkan dari program marketing. Sedangkan social PR tidak terlalu diperlukan untuk jenis B2B.

Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...