Memahami Konsep dan Urgensi Sustainability dalam Bisnis

Image title
28 Juli 2022, 23:25
sustainability
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi,President ASEAN Business The Coca-Cola Company Claudia Lorenzo (tiga kiri) beserta jajarannya dalam acara peluncuran program PLASTIC REBORN 2.0 oleh Coca-Cola.

Sustainability adalah sebuah istilah yang umum digunakan dalam ekologi, terutama untuk menggambarkan upaya praktik ramah lingkungan yang perlu dijalankan oleh manusia. Kata sustainability bisa bermakna suatu sistem biologis yang tetap mampu menghidupi keanekaragaman hayati dan produktivitas tanpa batas.

Meski identik dengan konteks sosio-ekologis, diksi sustainability sering juga digunakan dalam dunia bisnis. Para pengamat dan ahli bisnis menyebut sustainability sebagai langkah agar bisnis yang dijalani harus menciptakan kekayaan dan membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Lantas seperti apa definisi dari sustainability dalam dunia ekonomi dan bisnis? Dihimpun dari berbagai sumber, selengkapnya simak pembahasan seputar sustainability berikut ini.

Memahami Istilah Sustainability dalam Bisnis

DELEGASI EDM-CSWG KUNJUNGI PERSEMAIAN RUMPIN
DELEGASI EDM-CSWG KUNJUNGI PERSEMAIAN RUMPIN (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.)

 

Secara sederhana sustainability adalah kata bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti keberlanjutan. Berangkat dari arti ini, istilah sustainability kemudian banyak digunakan oleh pengamat lingkungan sebagai tindakan untuk memperhatikan penggunaan sumber daya yang tidak bisa diperbaharui. Sehingga nantinya sumber daya tersebut tidak habis dan bisa terus dipakai secara terus menerus, termasuk manfaatnya bagi generasi selanjutnya.

Jika ditelaah lebih jauh, sustainability adalah sebuah gagasan yang sebenarnya dapat dipraktikan pada setiap lini kehidupan. Baik itu aktivitas sehari-hari maupun kegiatan bisnis. Pokok pikiran utama dari istilah ini menekankan pada penggunaan sumber daya yang dilakukan secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, sustainability dikaitkan juga dengan kemampuan untuk mempertahankan atau mendukung proses dari waktu ke waktu.

Dalam konteks bisnis dan kebijakan sebagaimana dikutip dari Investopedia, sustainability adalah usaha guna mencegah penipisan sumber daya alam atau fisik, sehingga mereka akan tetap tersedia untuk jangka panjang.

Sementara itu, dari beberapa pendapat lain mengatakan sustainability dalam kacamata bisnis merupakan cara seorang pemilik usaha untuk dapat terus memperoleh keuntungan bisnis dengan menjalankan sebuah usaha yang dapat bertahan lama. Ini juga mencakup pada pengelolaan sumber daya yang menjadi pijakan dasar kegiatan bisnis tersebut bisa berjalan. 

Pada dasarnya setiap pakar atau ahli memiliki pandangan yang berbeda terhadap istilah sustainability dalam bisnis dan ekonomi. Meski demikian, hampir ada kesamaan antara beberapa pendapat yang berkaitan dengan istilah tersebut.

Merujuk dalam buku Business Sustainability: Concepts, Strategies and Implementation, dijelaskan bahwa sustainability adalah kemampuan dari sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan nilai jangka panjang bagi pemiliknya (pemegang saham), lalu mengintegrasikan ekonomi, lingkungan, sosial ke dalam strategi bisnisnya.

Selain itu, sustainability juga bisa menunjukan keberhasilan sebuah perusahaan untuk tetap eksis dan memiliki daya saing yang kuat.

Berdasarkan penjelasan yang sudah dijabarkan di atas, dapat kita pahami kalau ide utama sustainability dalam bisnis yaitu upaya mempertahankan kondisi kegiatan usaha agar bertahan lama dengan memastikan penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Selain mencari keuntungan, pebisnis didorong untuk memperhatikan aspek lingkungan dan sosialnya dalam strategi bisnisnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...