Harga Emas Dunia Naik, Logam Mulia Antam Stagnan Rp 921 Ribu per Gram

Agustiyanti
3 Mei 2021, 09:55
harga emas, dolar AS, harga emas dunia, harga emas hari ini
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ilustrasi. Harga penjualan kembali emas Antam stagnan Rp 822 ribu per gram.

Harga emas Antam hari ini stagnan Rp 921 ribu per gram di tengah kenaikan harga emas dunia. Dolar AS yang melemah menjelang serangkaian rilis data AS mendorong kenaikan harga emas dunia.

Advertisement

Mengutip Reuters, harga emas di pasar spot pagi ini naik 0,1% menjadi $ 1.770,66 per ons, sedangkan emas berjangka AS naik 0,2% menjadi $ 1.770,30 per ons.

Sementara itu, Paladium naik 0,3% menjadi US$ 2.944,19 per ons, setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa US$ 3.007,73 per ons akhir pekan lalu.

Indeks dolar turun 0,1% terhadap berbagai mata uang lainnya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada Minggu (2/5) menepis kekhawatiran bahwa rencana stimulus infrastruktur Presiden Joe Biden akan menyebabkan inflasi.

Belanja konsumen AS pulih pada Maret di tengah lonjakan pendapatan karena rumah tangga menerima tambahan uang bantuan dari pemerintah. Di sisi lain, Gubernur Dallas Federal Reserve Bank Robert Kaplan menyerukan untuk memulai pembicaraan tentang pengurangan dukungan bank sentral terhadap perekonomian, memperingatkan ketidakseimbangan di pasar keuangan dan berdebat bahwa ekonomi sembuh lebih cepat dari diharapkan.

Emas fisik di India dijual dengan harga diskon pada pekan lalu, untuk pertama kalinya pada tahun 2021 akibar lonjakan kasus virus korona mendorong pembatasan ketat dan menjauhkan pembeli. Sementara Konsumsi emas China melonjak 93,9% di tiga bulan pertama tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Harga emas di dalam negeri turut dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah. Adapun kurs rupiah pagi ini melemah 0,14% ke Rp 14.465 per dolar AS.

Mengutip logammulia.com, harga emas Antam tak bergerak untuk seluruh produk berdasarkan bobotnya. Harga penjualan kembali emas Antam juga stagnan Rp 822 ribu per gram.

Berikut adalah harga emas batangan di butik Logam Mulia Antam pada Senin (3/5)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement