Satu Pasien Covid-19 Varian Delta Bisa Menularkan 117.649 Orang

Agatha Olivia Victoria
7 Juli 2021, 14:21
varian delta, Covid-19, penularan varian delta, kasus Covid-19 melonjak
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Personel Korps Brimob berbaju hazmat mengikuti apel gelar pasukan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/7/2021). Apel gabungan antara Polri, TNI dan unsur Pemprov DKI Jakarta itu dalam rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa-II Penanganan COVID-19 tahun 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Varian Delta yang saat ini mendominasi kasus Covid-19 di seluruh dunia memiliki daya penularan yang lebih tinggi disertai waktu inkubasi yang lebih cepat. Staf Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Raden Pardede mengatakan bahwa satu pasien yang terkena varian tersebut dapat menularkan 117.649 orang.

"Satu orang dalam 30 hari tanpa disiplin protokol kesehatan dapat menularkan 117.649 orang," kata Raden dalam Webinar Kajian Tengah Tahun INDEF 2021, Rabu (7/7).

Menurut dia, varian Delta saat ini mendominasi kasus Covid-19 di Jabodetabek. Ini yang menjadi pembeda utama lonjakan kasus Covid-19 usai Lebaran 2020 dan Lebaran 2021. Varian Delta, menurut dia, adalah mutasi virus corona baru yang tidak terduga.

"Ini sama sekali sebelumnya tidak kami perhitungkan," ujar dia.

Ia pun menjelaskan, masa inkubasi varian Delta cenderung lebih cepat dari yang lain, yakni empat hari. Adapun varian awal Covid-19 yang ditemukan di Wuhan mempunyai masa inkubasi 5-6 hari.

Pria yang juga merupakan Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) ini menyebutkan varian Delta masuk ke Indonesia karena kedatangan pekerja migran ke Indonesia. "Masuknya itu ditengarai apakah lewat pekerja migran Indonesia atau yang datang dari Timur Tengah dan juga ada wisatawan India yang datang ke Indonesia," katanya.

Pemerintah pun menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat dan menggencarkan program vaksinasi untuk menekan penularannya. Ia menuturkan bahwa sebanyak 47,7 juta dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan kepada masyarakat hingga 6 Juli 2021.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...