Libur Tahun Baru, Ribuan Orang Berwisata ke Ancol, Ragunan, dan TMII

Tempat-tempat wisata di DKI Jakarta dibuka secara terbatas dengan kapasitas maksimal 75% hingga pukul 15.00 WIB saat libur Tahun Baru.
Image title
1 Januari 2022, 17:10
TMII, Taman Mini, Libur Tahun Baru
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ilustrasi. Taman Mini Indonesia Indah mencatatkan kunjungan sebanyak 15.741 orang selama libur Tahun Baru.

Ribuan orang memadati tempat wisata-wisata di DKI Jakarta, antara lain tersebar di Ragunan, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah saat libur Tahun Baru yang jatuh pada Sabtu (1/1). Tempat-tempat wisata di DKI Jakarta dibuka secara terbatas dengan kapasitas maksimal 75% hingga pukul 15.00 WIB. 

Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Aryadi Eko Nugroho menjelaskan, terdapat 8.000 wisatawan yang mengunjugi Ancol hingga pukul 12.00 WIB. Meski tetap buka, Ancol membatasi jam kunjungan hingga pukul 14.00 WIB. 

“Jumlah pengunjung kemungkinan tidak akan naik lagi, karena kami tutup pukul 14.00 WIB,” ujar Eko pada Sabtu (1/1), seperti dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, pengelola menetapkan protokol kesehatan yang ketat melalui sejumlah kebijakan. Hal ini dilakukan, antara lain dengan mengubah proses pembelian tiket menjadi secara daring sehari sebelumnya, wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi, dan menggunakan masker di area wisata Ancol.

Advertisement

Pengelola juga mendapatkan bantuan pengamanan dari TNI, Polri, hingga Satpol PP. Para petugas keamanan terus berkeliling dan mengimbau wisatawan agar tak abai prokes. 

Para wisatawan juga memadati Taman Margasatwa Ragunan. Pengelola mencatat, jumlah wisatawan yang datang mencapai 12.283 orang hingga pukul 11.00 WIB. “Dibandingkan saat libur Natal yang mencapai 17 ribu orang, jumlah hari ini tidak banyak,” ujar Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan Wahyudi Bambang. 

Ia menjelaskan, Ragunan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Pihaknya membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas dan jam operasional hingga 14.30 WIB. Tiket masuk hanya dapat diperoleh secara online dan pengunjung wajib menggunakan masker dna membawa hand sanitizer.

Selain itu, menurut dia, pihaknya juga memastikan protokol kesehatan berjalan dengan menggandeng TNI dan Polri. 

Kondisi tak jauh berbeda terjadi dikawasan Taman Mini Indonesia Indah. Hingga pukul 14.00 WIB, terdapat 15.741 orang yang berwisata di TMII.

Humas TMII Adi Wibowo mengatakan, pihaknya hari ini menguji coba pembukaan kembali kawasan wisata tersebut tanpa pembatasan wisatawan berdasarkan usia sesuai dengan penerapan PPKM level 1. Namun, jumlah pengunjung tetap dibatasi 75% dari total kapasitas atau maksimal 45 ribu orang. 

TMII juga hanya melayani pembelian tiket secara online. Jam operasional turut dibatasi hingga pukul 14.00 WIB. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait