Penembakan Massal di Mal Denmark, Beberapa Orang Tewas

Agustiyanti
4 Juli 2022, 06:07
tour de france, penembakan massal, denmark
ANTARA FOTO/REUTERSaww.
Penembakan massal terjadi tepat setelah Denmark menjadi tuan rumah tiga tahap pertama dari balapan sepeda Tour de France.

Penembakan massal terjadi di sebuah mal di Kopenhagen, Denmark menyebabkan beberapa orang tewas dan terluka. Kepolisian saat ini telah mengamankan pelaku yang diidentifikasi sebagai pria Denmark berusia 22 tahun yang kemungkinan beraksi sendiri dan bukan bagian dari jaringan teroris.

Tragedi ini mengguncang Denmark pada akhir pekan, tepat setelah Denmark menjadi tuan rumah tiga tahap pertama dari balapan sepeda Tour de France.

"Denmark mengalami serangan kejam pada Minggu malam. Beberapa tewas, lebih banyak lagi yang terluka. Keluarga tak bersalah ini sedang berbelanja atau makan di luar. Anak-anak, remaja dan dewasa," kata Perdana Menteri Mette Frederiksen dalam sebuah pernyataan Minggu malam.

Ia menyebut ibu kota Denmark yang aman telah berubah daam hitungan detik. Ia meminta warganya untuk saling mendukung di masa sulit ini. 

Polisi Kopenhagen mengatakan, petugas bersenjata dikirim ke mal Field di ibukota pada Minggu sore setelah laporan penembakan, dan telah meminta kepada orang-orang di dalamnya untuk tetap tinggal dan menunggu bantuan. Rekaman media lokal menunjukkan sekelompok pembeli ketakutan berlarian dari mal.

"Polisi melancarkan operasi pencarian besar-besaran di sekitar wilayah kejadian pada Minggu pagi," kata Inspektur Kepala Polisi Soren Thomassen kepada wartawan.

Meski demikian, ia mengatakan tidak ada indikasi awal bahwa ada penembak lain. Thomassen menolak mengomentari kemungkinan motif tersangka atau apakah penembak itu diketahui polisi sejak awal.

Tabloid Denmark BT menerbitkan rekaman video yang tidak diverifikasi yang dikatakan diambil oleh seorang saksi serangan, Mahdi Al-wazni. Video itu menunjukkan seorang pria dengan senapan besar berjalan melalui mal dan mengayunkannya di bahunya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...