Roket Cina Jatuh ke Bumi, Nasa Tuding Beijing Tak Bagikan Informasi

Agustiyanti
31 Juli 2022, 09:12
Roket buatan Cina, roket cina, roket cina jatuh, cina, roket, nasa
SpaceNews
Ilustrasi. Roket Cina jatuh kembali ke Bumi di atas Samudra Hindia pada Sabtu (30/7).

Sebuah roket Cina jatuh kembali ke Bumi di atas Samudra Hindia pada Sabtu (30/7). NASA menuduh Beijing tidak membagikan informasi lintasan spesifik yang diperlukan untuk mengetahui di mana kemungkinan puing-puing mungkin jatuh.

Komando Luar Angkasa mengatakan roket Long March 5B masuk kembali di atas Samudra Hindia sekitar pukul 12:45 malam. Sabtu EDT (1645 GMT). Namun, pernyataannya merujuk pertanyaan tentang "aspek teknis masuk kembali seperti lokasi dampak penyebaran puing-puing potensial ke Cina.

"Semua negara antariksa harus mengikuti praktik terbaik yang sudah ada dan membagikan informasi untuk memungkinkan prediksi yang andal tentang potensi risiko dampak puing-puing," kata Administrator NASA Bill Nelson, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (31/7).

Ia menekankan, sangat penting untuk penggunaan ruang angkas bertanggung jawab dan memastikan keselamatan orang-orang di Bumi.

Pengguna media sosial di Malaysia memposting video yang tampak seperti puing-puing roket.

Aerospace Corp, sebuah pusat penelitian nirlaba yang didanai pemerintah di dekat Los Angeles, mengatakan jatunnya seluruh tahap inti utama roket - yang berbobot 22,5 ton (sekitar 48.500 lb) kembali ke bumi tanpa kendali adalah tindakan ceroboh. 

Awal pekan ini, para analis mengatakan badan roket akan hancur saat jatuh melalui atmosfer. Namun, roket yang jatuh masih  cukup besar sehingga banyak bongkahan kemungkinan akan bertahan saat masuk kembali ke puing-puing hujan di area sekitar 2.000 km (1.240 mil) panjangnya sekitar 70 km. (44 mil) lebar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...