Prabowo Bertemu Surya Paloh di Hambalang, Apa Hasilnya?

Agustiyanti
5 Maret 2023, 16:24
 Prabowo Subianto, Surya Paloh, nasdem, gerindra
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh (kedua kanan) berjalan menuju ruang konferensi pers seusai menggelar pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menggelar pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor pada hari ini, Minggu (5/3). Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk saling menghormati arah politik masing-masing dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Soal koalisi, soal capres, cawapres kita sudah sepakat menghormati keputusan politik masing-masing," kata Prabowo saat konferensi pers, Minggu (5/3), seperti dikutip dari Antara. 

Advertisement

Ia mengaku menghormati keputusan Surya Paloh yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai NasDem bersama Partai Demokrat dan PKS. "Mereka pun akan menghormati keputusan politik kami. Koalisi itu bagian dari keputusan politik," ujarnya.

Adapun ketika ditanya mengenai kesediaannya untuk diduetkan dengan Anies Baswedan, Prabowo kembali menegaskan bahwa ia dan Surya Paloh sepakat menghormati keputusan masing-masing dalam menyongsong Pemilu. "Saya sudah sampaikan, dalam pembicaraan yang intensif dan luas, kami sepakat menghormati keputusan politik masing masing dan bertekad akan melakukan komunikasi yang lebih erat dan lebih intensif. Kalaupun Anies sudah jadi keputusan politik NasDem ya kami hormati," kata Prabowo.

Prabowo menjelaskan, dirinya juga sepakat dengan Surya Paloh untuk menjaga suasana yang damai dalam pertemuan berdurasi dua jam tersebut. Ia mengatakan, pertemuan tersebut seperti kunjungan balasan sahabat lama karena Prabowo pernah mengunjungi Surya Paloh di Tower Nasdem, Jakarta Pusat, pada 1 Juni 2022 lalu.

Sementara itu, Surya Paloh menyebutkan bahwa kunjungannya ke Hambalang menggambarkan hubungan persahabatan keduanya yang sudah terjalin sekitar 40 tahun lalu. "Hubungan kami ini hubungan persahabatan, harusnya lebih mudah untuk menyelesaikan kalau pun ada masalah, sejauh ini tidak ada masalah. Kalau ada masalah, kami akan selesaikan cepat," ujarnya.

Meski arah politik keduanya dalam kontestasi Pilpres 2024 berbeda, Surya Paloh  tetap memberi semangat kepada Prabowo yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden dari Partai Gerindra

"Sekarang Mas Wowo capres dari Gerindra, apa yang bisa dilakukan NasDem? Satu, bersikaplah betul-betul, memberikan spirit dan semangat bagi Mas Prabowo sebagai satu sumbangsih persahabatan. Menang kalah itu urusan kedua," kata Surya Paloh.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement