Gubernur Bali Larang Turis Asing Rental Motor

Agustiyanti
13 Maret 2023, 07:57
turis asing, gubernur bali, motor
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.
Sejumlah turis asing mengendarai sepeda motor tanpa mengenakan helm di Jalan Sunset Road, Kuta, Badung, Bali, Selasa (28/2/2023).

Gubernur Bali I Wayan Koster menegaskan larangan bagi turis asing menyewa atau merental motor. Tindakan ini diambil lantaran banyak ditemukan warga negar asing yang melakukan pelanggaran saat menggunakan kendaraan bermotor.

Hal ini telah diatur dalam peraturan Gubernur Bali mengenai tata kelola pariwisata di provinsi ini, yang di antaranya melarang warga negara asing untuk menggunakan kendaraan bermotor.

"Jadi, para wisatawan itu ketika berpergian harus menggunakan mobil-mobil dari travel agent. Tidak diperbolehkan lagi menggunakan kendaraan yang bukan dari travel agent. Pinjam atau sewa itu tidak diperbolehkan lagi," katanya menegaskan.

Berdasarkan hasil penindakan Polda Bali, ditemukan banyak wisatawan mancanegara melanggar aturan lalu lintas. Pelanggaran yang dilakukan mulai dari tidak menggunakan baju saat berkendara, tidak menggunakan helm, hingga tidak memiliki  lisensi untuk berkendara.

Ia mengatakan bahwa perubahan aturan tersebut baru berlaku pada tahun 2023 pascapandemi Covid-19 untuk membenah sistem pariwisata yang tidak hanya berorientasi pada jumlah kunjungan wisata setiap tahunnya, tetapi mempertahankan pariwisata yang berbudaya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...