Peru Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Tak Siap Infrastruktur

Agustiyanti
4 April 2023, 06:15
FIFA, Peru, Piala dunia U17, piala dunia U20
ANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun
Presiden FIFA Gianni Infantino. FIFA membatalkan hak Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Peru resmi batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. FIFA mencabut hak Peru sebagai tuan rumah karena ketidakmampuan negara tersebut melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen. 

Keputusan ini dilakukan setelah lembaga tersebut melakukan diskusi  ekstensif dengan Federasi Sepakbola Peru (FPF).  Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. 

"Meskipun hubungan kerja yang sangat positif antara FIFA dan FPF,  tidak ada cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dengan pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen," demikian pernyataan FIFA dalam siaran pers dikutip Selasa (4/3). 

FIFA pun menyatakan  tetap terbuka untuk menyelenggarakan kompetisi di Peru di masa mendatang. Lembaga ini juga memastikn akan menunjuk tuan rumah pengganti Peru tepat pada waktunya. 

Otoritas Peru pada bulan lalu masih memastikan tetap akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U17. Pernyataan ini menepis informasi yang beredar sebelumnya bahwa mereka akan bertukar tempat dengan Indonesia. Federasi Sepak bola Peru (FPF) akan tetap mengusahakan agar Piala Dunia U-17 tetap bisa digelar. Ajang ini sebelumnya  terpaksa ditunda karena pandemi dan adanya bencana alam di negara tersebut.

"Peru tidak mundur, apalagi FPF," kata Presiden FPF Agustin Lozano dikutip dari Diario AS, Jumat (24/3).

Seluruh pertandingan sebelumnya direncanakan akan digelar di ibu kotanya yakni Lima karena ketidaksiapan infrastrtuktur di kota lain. Namun, pernyataan tersebut masih menunggu evaluasi FIFA terhadap proposal PERU agar turnamen hanya dimainkan di empat stadion. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...