Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Mentawai, Sempat Ada Peringatan Tsunami

Agustiyanti
25 April 2023, 07:37
gempa, gempa mentawai, tsunami
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Ilustrasi. Gempa bumi terjadi pukul 03.00 WIB di 0,93 Lintang Selatan (LS)-98,39 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 84 kilometer. Adapun pusat gempa berada di 177 kilometer (km) Barat Laut Kepulauan Mentawai.

Gempa berskala magnitudo 7,3 mengguncang Kepulaian Mentawai di Sumatera Barat. Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatakan dini bahwa gempat dapat memicu tsunami. Namun, peringatan tersebut telah dicabut sekitar pukul 05.17 WIB. 

"Pada pukul 05.17 WIB tadi kami akhiri peringatan tsunami," kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (25/4), seperti dikutip dari Antara

BMKG sempat mengeluarkan  peringatan dini tsunami, termasuk untuk wilayah Sumatera Utara. Daryono menjelaskan, peringatan dini tsunami di Sumatera Utara yang lokasinya jauh dari titik gempa itu diperoleh melalui pemodelan gelombang terkait dampak terjadinya tsunami.

Menurutnya, episentrum gempa yang berada di segmen Mentawai-Siberut ujung utara itu dekat dengan wilayah Sumatera Utara, sehingga wajar bila daerah yang terancam ada di wilayah utara hingga selatan.

"Ini tidak berada di Kepulauan Nias secara keseluruhan tetapi memang ada di ujung utara deretan Kepulauan Mentawai yang mana pusat gempanya berada di ujung utara segmen Mentawai-Siberut," kata dia Daryono

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...