Demokrat: Cawapres Anies Akan Mengejutkan Koalisi Lain

Ade Rosman
5 Juni 2023, 09:22
anies baswedan, cawapres, koalisi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam Temu Kebangsaan Relawan Anies di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023). Kegiatan yang dihadiri ribuan relawan dari kalangan partai maupun nonpartai tersebut bertujuan mendukung pemenangan Anies sebagai Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mengusung calon presiden Anies Baswedan akan segera mengumumkan calon wakil presiden untuk maju pada pemilu 2024. Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meyakini bakal calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan ini akan mengejutkan bagi koalisi dan bakal calon presiden lainnya.

"Bisa membawa kemenangan di Pilpres 2024. Sesuai dengan harapan rakyat," kata Herzaky dalam keterangannya, Minggu (4/6).

Meski demikian, ia masih enggan membeberkan siapa nama cawapres pendamping Anies dalam pemilu 2024 tersebut. "Belum saatnya untuk diumumkan. Kita tunggu saja pada waktunya nanti akan diumumkan oleh Mas Anies," katanya.

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto sebelumnya mengatakan, figur pendamping Anies akan segera diumumkan dalam waktu sedekat. Senada dengan Herzaky, Sugeng pun belum bisa mengungkapkan bacawapres pendamping Anies.

Di sisi lain, Partai Keadilan Sejahtera mengungkapkan terdapat tiga kandidat bakal cawapres Anies, di antaranya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Adapun koalisi partai pandukung Anies dalam Pilpres 2024 saat ini terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...