Garena Luncurkan Gim Rasa Budaya Lokal, Ada Nyi Roro Kidul & Kabayan

Garena meluncurkan gim bergenre pertanian bernama Fantasy Town yang menghadirkan sejumlah karakter lokal, seperti Nyi Roro Kidul, Nyi Iteng, dan Kabayan.
Cindy Mutia Annur
8 Juni 2020, 21:07
garena, gim baru, gim onliine, fantasy town, gim nyi roro kidul, gim legenda lokal
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi. Pengenalan karakter cerita rakyat melalui gim diharapkan ikut membantu mengenalkan budaya Indonesia lebih efektif.

Platfrom layanan e-sport Garena  meluncurkan gim bergenre pertanian atau farming simulator  bernama 'Fantasy Town'. Gim ini menghadirkan sejumlah karakter legenda lokal, seperti Nyi Roro Kidul, Nyi iteung, hingga Kabayan.

Produser Fantasy Town Edmundo Swidoyono mengatakan, pengenalan karakter cerita rakyat melalui gim diharapkan ikut membantu mengenalkan budaya Indonesia lebih efektif. "Apalagi, mengingat cerita rakyat yang menjadi akar budaya Indonesia mungkin sudah jarang diminati oleh anak-anak zaman sekarang,” ujar Edmundo dalam siaran pers, Senin (8/6). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio pun menyambut baik hadirnya gim bernuansa lokal ini. Apalagi, pengembangan gim di era pandami corona dinilai memiliki potensi yang cukup besar. 

"Mobile Games sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif yang belakangan menjadi primadona, akan cukup efektif untuk memperkenalkan budaya dan cerita rakyat," ujar Wishnutama.

Advertisement

(Baca: Gamer Indonesia Masuk Lima Besar Pemain PUBG Terbaik Dunia)

Ia pun berharap semakin banyak pengembang gim yang mengangkat dan memperkenalkan cerita rakyat Indonesia. Ini  juga sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia. 

 

Adapun Gim Fantasi Town dapat diakses melalui App Store maupun Playstore. Karakter Roro Kidul, Kabayan ,dan Nyi Iteung pun dapat diperoleh secara gratis oleh pengguna gim Fantasy World hanya dengan melakukan pra-registrasi dan pendaftaran melalui fantasytown.co.id. 

Seluruh pemain yang telah mendaftar dalam masa pra-registrasi akan menerima sejumlah hadiah in-game berdasarkan total pemain yang ikut melakukan pra-registrasi. Semakin banyak yang mendaftar, maka akan semakin banyak juga hadiah yang bisa didapatkan.

(Baca: Strategi Agresif CEO Tencent Pony Ma untuk Kuasai Bisnis Game Online)

Selain memperoleh karakter Roro Kidul, Kabayan dan Iteung secara gratis, pemain juga dapat memperoleh hadiah tambahan yang terdiri dari 1.000 gold, rare summon scroll x3, dan 100 ruby. Adapula program daily spin yang membuat pemain berkesempatan memiliki hadiah karakter Radu hingga  membawa pulang iPhone X secara gratis.

Untuk mendapatkan kesempatan spin, pemain cukup menyelesaikan beberapa misi yang terdiri dari masuk ke dalam situs website event di fantasytown.co.id setiap hari, membagikan event ke 5 teman lainnya, serta mengikuti akun resmi sosial media yaitu Instagram (@fantasytown.id), Facebook (@FantasyTown.ID), dan YouTube (Garena Fantasy Town Indonesia).

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait