GoPay Ungkap 4 Tren Transaksi yang Diminati Selama Pandemi

Gopay mencatat peningkatan transaksi secara signifikan selama masa pandemi corona.
Cindy Mutia Annur
29 Juni 2020, 20:48
gopay, nontunai, transaksi nontunai, pandemi corona
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Transaksi pembayaran nontunai meningkat selama pandemi corona.

Pandemi corona membuat sebagian masyarakat beralih menggunakan pembayaran nontunai guna menghindari penyebaran virus corona. Perusahaan teknologi finansial besutan Gojek, Gopay mengungkapkan terdapat empat transaksi yang diminati penggunaya selama Covid-19 melanda Tanah Air.

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, terdapat sejumlah transaksi pembayaran nontunai yang meningkat selama pandemi corona. Pertama, pembayaran makanan dan minuman. Kedua, pembayaran tagihan melalui fitur GoBills.  Budi enggan merinci lebih lanjut terkait kenaikan transaksi pembayaran kedua layanan tersebut.

Ketiga, pembayaran donasi digital. "Pertumbuhan donasi melalui zakat naik dua kali lipat di masa pandemi dibandingkan pada awal tahun ini," ujar Budi dalam video conference, Senin (29/6). 

(Baca: Normal Baru, Bioskop CGV Bakal Beri Jarak Kursi Penonton)

Menurut dia, pada dasarnya orang Indonesia suka bersedekah dan berbagi. Hal itu terlihat dari banyaknya donasi dari mitra perusahaan seperti KitaBisa maupun ratusan rumah ibadah melalui Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS. Jasa tip bagi mitra pengemudi Gojek melonjak pesat selama pandemi.

Keempat, fitur transfer saldo GoPay. Fitur transfer ke sesama pengguna naik signifikan yakni mencapai empat kali lipat pada Ramadan dan Idul Fitri kali ini dibandingkan tahun sebelumnya.

"Khusus di hari pertama Idul Fitri, kenaikan transaksi transfer antar pengguna GoPay itu meningkat kurang lebih dua kali lipat dibandingkan hari biasanya, di mana 40% di antaranya menggunakan berita transfer untuk hari raya ini," ujar dia.

(Baca: GoFood Festival Ditutup, Gojek Andalkan Dapur Bersama dengan Mitra)

Fitur transfer ke rekening bank juga mengalami kenaikan hingga 40% pada momentum Ramadan dan Idul Fitri dibandingkan bulan April lalu.
 
Sebelumnya, SVP IT Governance, Risk & Compliance GoPay Genesha Saputra mengatakan bahwa perusahaan mencatat peningkatan transaksi secara signifikan selama masa pandemi corona, baik di dalam maupun luar platform perusahaan. Peningkatan transaksi di dalam platform terjadi di layanan Gofood, Gosend, dan Gomart.
 
Sedangkan peningkatan transaksi di luar aplikasi terjadi di layanan e-commerce, pembelian item gim, fitur donasi, dan pembayaran zakat.  Transaksi kedua platform menurutnya cukup signifikan. Hanya, dia enggan merinci volume peningkatan tersebut.
 
 

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait