Sepekan Hidup Normal, Selandia Baru Umumkan Lagi 2 Kasus Baru Corona

Ameidyo Daud Nasution
16 Juni 2020, 19:27
selandia baru, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Shannon Stapleton/wsj/cf
Ilustrasi penerbangan internasional. Pemerintah Selandia Baru hari Selasa (16/6) mengumumkan adanya dua kasus baru corona yakni dua warga yang datang dari Inggris.

Periode bebas virus corona ternyata tak berlama-lama dirasakan Selandia Baru. Usai 24 hari nihil pasien baru, pemerintah negara tersebut melaporkan adanya dua kasus Covid-19 pada Selasa (16/6). 

Kasus baru ini juga muncul usai pekan lalu Perdana Menteri Jacinda Ardern mengumumkan bahwa Negeri Kiwi telah bebas corona. Sedangkan pasien baru tersebut adalah dua wanita yang datang dari Inggris karena orang tuanya meninggal. 

“Mereka tidak melakukan kontak dengan orang lain,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield dikutip dari New Zealand Herald, Selasa (16/6).

(Baca: Selandia Baru Bebas dari Corona, Warganya Kembali Hidup 'Normal')

Dua orang tersebut tiba di Selandia Baru pada Sabtu (7/6) dengan penerbangan dari Inggris menuju Auckland melalui Doha dan Brisbane. Bloomfield mengatakan ada kemungkinan mereka terpapar saat di Inggris, di bandara, atau penerbangan menuji Negeri Kiwi.

Dua orang tersebut sempat dikarantina di Hotel Novotel Ellerslie Auckland hingga Kamis (12/2) usai menunjukkan gejala ringan virus corona. Namun keduanya lalu sempat dibolehkan bepergian ke Wellington dengan mobil pribadi untuk menengok orang tuanya.

Meski sebenarnya harus menjalani isolasi namun otoritas memberi izin dua orang tersebut pergi ke Wellington dengan alasan ada keluarga yang meninggal. Padahal seseorang yang diisolasi baru dapat bepergian ketika hasil tesnya negatif.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...