Cegah Penularan Corona, Vale Paksa Pegawainya Patuh Protokol Kesehatan

Ameidyo Daud Nasution
14 Agustus 2020, 17:31
vale indonesia, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO?REUTERS/Yusuf Ahmad/File Ph
Operasional PT Vale Indonesia di dekat Sorowako, Sulawesi, Indonesia. Vale (14/8) mewajibkan karyawan mereka ikut rapid test demi mendeteksi corona.

Beberapa langkah dilakukan perusahaan untuk mencegah penularan virus corona di lingkungan kerja mereka. Salah satunya adalah PT Vale Indonesia Tbk yang beroperasi di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Sejak pandemi merebak pada Maret lalu, mereka telah membuat emergency management team (EMT) yang beranggotakan seluruh departemen. Selain itu sejumlah protokol kesehatan dijalankan dengan tingkat kepatuhan tinggi.

Advertisement

“Kepatuhannya hampir 90% karena ada sedikit pemaksaan,” kata Occupational Health Doctor PT Vale Indonesia dr. Christina Nanulaitta dalam webinar Indeks Kewaspadaan Corona yang diselenggarakan Katadata.co.id bersama KawalCovid-19, Jumat (14/8).

Salah satu pemaksaan adalah kewajiban karyawan melakukan rapid test yang diselenggarakan perusahaan. Jika pegawai tak mau mengikuti tes ini maka kartu identitas kerja mereka akan diblok sehingga tak bisa bekerja. “Kami sudah lakukan rapid test, satu sesi terdiri dari tiga siklus dan telah masuk sesi ketiga,” kata Christina.

Christina juga mengatakan Vale telah merumahkan karyawan dengan penyakit penyerta dan rawan terkena corona namun tanpa pemutusan hubungan kerja. “Tetap kami bayar gajinya full,” katanya.

Mereka juga menyediakan call center untuk memudahkan pekerja bertanya mengenai kondisi kesehatannya jika mengalami gejala serupa Covid-19. Pegawai yang tetap bekerja juga wajib mengisi formulir penilaian diri (self assessment). “Kalau hasilnya merah, tidak boleh masuk kerja,” ujarnya.

Vale juga telah mengatur kelompok kerja tiap pegawai yang masih beroperasi normal. Mereka juga telah memberikan masker dan vitamin kepada karyawan agar daya tahan dapat terjaga.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement