Survei: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar Menyalip Anies dan AHY

Ameidyo Daud Nasution
5 Juni 2021, 16:11
elektabilitas, elektabilitas prabowo, elektabilitas ganjar, ganjar pranowo, elektabilitas anies, anies baswedan, capres 2024, pilpres 2024
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Survei PPI menyebut elektabilitas Prabowo masih berada di posis pertama, di atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan masih menjadi tokoh terpopuler dalam bursa calon presiden 2024 mendatang. Dari hasil survei Parameter Politik Indonesia, ketiganya berada di urutan teratas capres terkuat.

Survei dilakukan pada 23 sampai 28 Mei dan melibatkan 1.200 responden dengan pengambilan sampel lewat telepon. Sedangkan margin of error survei ini sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Elektabilitas Prabowo berada di urutan pertama yakni 22,3 persen, di bawahnya adalah Ganjar Pranowo yang dipilih 19,7 persen responden. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi tiga yakni 18,1 persen.

Nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menempati posisi keempat dengan 10,1 persen. Kelima, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 7,5 persen.

Tiga tokoh yang mengalami kenaikan selama tiga bulan terakhir adalah Ganjar Pranowo yakni 2,6 persen, AHY sebesar 1,7 persen, dan Sandiaga yaitu 1,3 persen. “Masih ada 22,3 persen yang ragu atau belum menjawab dalam survei ini,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, Sabtu (5/6) dikutip dari Antara.

Adi juga mengatakan dominasi popularitas Prabowo melemah meski elektabilitasnya saat ini masih yang tertinggi. “Keunggulan 8,2 persen pada Februari lalu menjadi 1,8 persen Mei 2021,” kata Adi.

Sedangkan PDI Perjuangan masih menjadi partai politik terpopuler dan dipilih oleh 22,1 persen responden. Gerindra berada di bawahnya dengan elektabilitas 11,9 persen.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...