Keterisian RS Enam Provinsi di Jawa Lebih 80%, 14 Provinsi Lain Rawan

Rizky Alika
6 Juli 2021, 20:24
covid, bor rumah sakit, keterisian rumah sakit, pasien covid, provinsi di jawa, kapasitas rumah sakit
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Pasien mendapatkan perawatan di tenda darurat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (24/6/2021). Satgas Covid-19 mencatat rasio keterisian tempat tidur pasien corona di RS yang ada di Jawa melebihi 80%.

Rumah sakit tengah kewalahan menangani pasien seiring dengan ledakan kasus Covid-19. Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur (BOR) rumah sakit rujukan pasien corona di 6 provinsi di Pulau Jawa melebihi 80%.

Dia juga meminta pemerintah daerah di enam provinsi meningkatkan fasilitas isolasi. "Serta meningkatkan fasilitas pemantauan pasien isolasi mandiri," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/7).

Wiku juga menyoroti 14 provinsi di luar Jawa dan Bali yang memiliki BOR sekitar 50-80%. Provinsi tersebut meliputi Lampung, Papua Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Kepualauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, Jambi, Papua, dan Maluku Utara.

Ia meminta pemda mengantisipasi situasi ini dengan menambah tempat tidur perawatan dan fasilitas isolasi pasien Covid-19.  Di sisi lain, masyarakat diharapkan dapat berkontribusi dalam menekan angka BOR di daerahnya.

Wiku juga meminta warga yang mengalami gejala Covid-19 atau melakukan kontak erat dengan pasien diminta menghubungi puskesmas terdekat. "Sambil menunggu hasil pemeriksaan, teruslah berkonsultasi dengan petugas puskesmas agar isolasi mandiri dapat selalu terpantau," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...