Menkes Sebut Ciri Gejala Covid Delta: CT Rendah dan Masa Aktif Cepat

Rizky Alika
9 Juli 2021, 20:33
covid, corona, delta
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers terkait kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021). Budi pada konferensi pers, Jumat (9/7) memaparkan ciri gejala Covid-19 varian Delta.

Pemerintah masih mewaspadai penyebaran Covid-19 varian Delta atau B.1617.2 yang berasal dari India. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ciri-ciri utama Delta adalah angka CT yang rendah dan masa aktif lebih cepat.

Dari laman Mayapada Hospital, CT atau Cycle Treshold adalah angka siklus yang dibutuhkan pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi virus pertama kali. Semakin rendah jumlah siklus, maka virus makin mudah ditemukan lantaran jumlahnya banyak.

Namun jika angka CT tinggi, maka menandakan jumlah siklus yang juga tinggi dan virus semakin berkurang jumlahnya. Ambang batas ideal nilai CT yang kerap digunakan laboratorium adalah 35 sampai 40.

“Masa aktifnya cepat, sembuh bisa cepat tapi meningkatkan keparahan lebih cepat sehingga penanganan di rumah sakit harus berbeda,” kata Budi dalam konferensi pers, Jumat (9/7).

Budi mengatakan, rata-rata angka CT di sejumlah daerah mengalami penurunan dibandingkan Desember 2020. Sebagai contoh, CT terendah di Sumatera Barat pada Desember 2020 sebesar 12,15. Setelah ada varian delta, nilai CT  terendah di Sumatera Barat pada Juni 2021 menjadi 8,22.

Budi juga menduga Delta berperan dalam menurunkan nilai CT di Jakarta, Kudus, dan Bangkalan. Tiga daerah itu memiliki CT terendah sebesar 9,54. "Sehingga kami lakukan persiapan yang lebih baik," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...