Luhut Sebut Pemerintah Sudah Amankan Pasokan 480 Juta Vaksin Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
15 Juli 2021, 15:04
vaksin covid, pasokan vaksin, herd immunity, luhut, vaksinasi jakarta, covid-19
Menko Marves
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendengarkan masukan dari ahli epidemiologi dalam pertemuan secara virtual pada Kamis (4/2). Luhut mengatakan RI telah mengamankan 480 juta dosis vaksin Covid-19.

Pemerintah terus menggenjot vaksinasi demi mencegah penularan Covid-19. Menteri Koordiantor Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hingga saat ini pemerintah sudah mengamankan pasokan 480,7 juta vaksin.

Dengan pasokan sebanyak itu, maka vaksinasi Covid-19 bisa dikebut. Bahkan ia meminta adanya tambahan 31 juta orang yang telah disuntik sepanjang Juli ini.

“Jadi basically sudah tidak ada masalah (pasokan), Juli rata-rata bisa satu juta targetnya,” kata Luhut saat konferensi pers virtual, Kamis (15/7).

Kecepatan vaksin menjadi hal yang penting meski Covid-19 varian Delta bisa menurunkan efikasinya. Ini lantaran jumlah orang yang meninggal karena corona bisa diturunkan. “Sehingga probabilitasnya sampai meninggal bisa mengecil,” kata dia.

Luhut mengungkapkan, hingga saat ini DKI Jakarta dan Bali merupakan dua wilayah dengan cakupan vaksinasi tertinggi. Rasio vaksinasi di Jakarta mencapai 65,1%, sedangkan Bali sebesar 80,7%.

“Apabila Jakarta sudah mencapai 70%, kita bisa mendekati herd immunity,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...