Mulai Pekan Depan, 225 Ribu Difabel Akan Menerima Vaksin Sinopharm

Ameidyo Daud Nasution
27 Juli 2021, 14:53
difabel, vaksin, sinopharm, covid
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.
Petugas medis menunjukkan vaksin sinopharm di Sentra Vaksinasi Gotong Royong Perbanas, Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (19/6/2021). Pemerintah akan memberikan 225 ribu vaksin Sinopharm untuk komunitas difabel mulai Agustus 2021.

 Presiden Joko Widodo berencana mengebut vaksinasi Covid-19 bagi komunitas difabel. Program percepatan ini rencananya akan menggunakan vaksin merek Sinopharm.

Percepatan vaksinasi kepada komunitas difabel ini merupakan instruksi langsung Jokowi. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Staf Khusus Presiden yang juga pendiri Thisable Enterprise Angkie Yudistia.

“Betul, minggu depan,” kata Angkie dalam pesan singkatnya kepada Katadata.co.id, Selasa (27/7).

Rencana ini awalnya disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan percepatan vaksinasi Covid-19 kepada 225 ribu disabilitas di Jawa dan Bali. Vaksin ini merupakan hibah Raja Uni Emirat Arab  kepada Presiden RI.

Jokowi lalu memerintahkan agar alokasi vaksin ini diarahkan kepada difabel. Adapun vaksinasi akan berlangsung hingga Oktober 2021.

Saat ini, jumlah disabilitas yang telah menerima vaksinasi mencapai 20 ribu orang. Vaksinasi dilakukan di sejumlah titik seperti Sentra Vaksinasi Serviam hingga Rumah Sakit Jiwa Bogor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...