Ikatan Dokter Waspadai Tingginya Lonjakan Covid-19 di Luar Jawa

Ameidyo Daud Nasution
27 Juli 2021, 18:31
covid, dokter, jawa, corona
ANTARA FOTO/Ampelsa./foc.
Tenaga medis membawa seorang pasien saat tiba di ruangan perawatan COVID-19 UGD Pinere Rumah Sakit Umum Zainal Abidin Daerah Aceh, Banda Aceh, Aceh, Senin (17/5/2021). Dokter mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 di luar Pulau Jawa.

Kasus penularan Covid-19 di Pulau Jawa pelan-pelan menunjukkan tren penurunan. Meski demikian dokter mewaspadai adanya kenaikan angka pasien corona di luar Pulau Jawa.

Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan tingkat keterisian tempat tidur di sejumlah wilayah di Jawa telah menurun. Sedangkan beberapa daerah seperti Jambi, Sumatera Selatan, hingga Kalimantan Selatan merangkak naik.

Adib mengatakan hal ini terlihat dari permintaan oksigen yang mulai meningkat di wilayah luar Jawa. “Dari situ kami melihat sudah meluas ke luar Jawa,” katanya dikutip dari Antara, Selasa (27/7).

Dari data pemerintah, jumlah lonjakan kasus positif Covid-19 di beberapa wilayah luar Jawa mulai meningkat. Di Kalimantan Selatan, tambahan pasien meningkat dari 299 orang pada 18 Juli menjadi 619 orang pada 26 Juli. Begitu pula Sumatera Utara yang mengalami kenaikan kasus positif dari 814 orang pada 18 Juli menjadi 1.028 orang pada 26 Juli.

Sedangkan Adib mengatakan rasio keterisian tempat tidur (BOR) di wilayah seperti Semarang telah menurun dari 92% menjadi 66%. Sementara rasio BOR di Jakarta telah menurun ke angka 73% hari ini.

“Jadi bukan hanya Jakarta, tapi di Semarang, Kudus, Pati, dan Rembang juga turun,” kata Adib.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...