Tren Kenaikan Kasus Covid-19 RI sejak Awal Pekan, Hari Ini Tambah 311

Kasus baru Covid-19 terbanyak hari ini berasal dari Jawa Barat yakni 83 orang
Ameidyo Daud Nasution
2 Desember 2021, 18:08
 Covid-19, corona, pandemi
Pixabay
Ilustrasi varian Covid-19

Kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren kenaikan sejak awal pekan ini. Pemerintah melaporkan pasien baru corona bertambah 311 orang pada Kamis (2/12).

Angka ini terus menanjak sejak 264 kasus baru pada Senin (28/11). Sedangkan pasien terbanyak hari ini dilaporkan oleh Provinsi Jawa Barat yakni 83 orang.

Selain itu angka kematian pasien Covid-19 hari ini juga bertambah 10 orang. Jumlah pasien meninggal terbanyak yang dilaporkan hari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta yakni empat orang.

Adapun angka kesembuhan pasien Covid-19 hari ini juga bertambah 388 orang. DKI Jakarta menyumbang angka pulih terbanyak yakni 67 orang.

Advertisement

Pemerintah juga melaporkan kasus aktif corona di Indonesia berkurang 87 menjadi 7.796 orang. Selain itu sebanyak 5.253 orang dinyatakan sebagai suspek Covid-19.

Sedangkan Pemerintah mewaspadai lonjakan Covid-19 dari varian Omicron serta mobilitas penduduk saat libur Natal dan Tahun Baru. Oleh sebab itu mereka memutuskan untuk memperpanjang lagi masa karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri menjadi 10 hari dari sebelumnya 7 hari.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perpanjangan ini akan berlaku mulai Jumat (3/12). Langkah pemerintah ini juga diambil lantaran semakin banyak negara yang mendeteksi Omicron.

“Kebijakan ini akan terus dievaluasi secara berkala sambil memahami informasi varian baru ini,” kata Luhut, Rabu (1/12) dikutip dari Antara.

Sedangkan Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting meminta masyarakat tetap mewaspadai pandemi Covid-19. Sedangkan pemerintah tetap menjaga mobilitas masyarakat saat libur dan menyaring kedatangan pengunjung dari luar negeri.

“Harus ada pengawasan di tempat ibadah, tempat berbelanja, tempat wisata lokal,” ujar Alexander dalam acara Forum Merdeka Barat 9, Selasa (30/11).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait