Total Pasien Omicron RI Capai 1.600 Orang, 2 Meninggal Dunia

Rizky Alika
24 Januari 2022, 15:27
Omicron, covid-19, corona
Pixabay/Alexandra_Koch
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

Kasus penularan Omicron terus meningkat di Indonesia saat ini. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini ada 1.600 kasus varian Covid-19 tersebut, namun hanya sedikit pasien yang membutuhkan perawatan.

Sementara, total pasien yang wafat sebanyak 2 orang. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu menilai, jumlah perawatan dan kematian tersebut jauh lebih rendah dibandingkan saat Covid-19 varian Delta merebak.

"Dari 1.600 yang terkena Omicron, yang dirawat membutuhkan oksigen hanya sekitar 2 orang," kata Budi dalam konferensi pers daring, Senin (24/1).

Budi meminta masyarakat untuk tidak panik lantaran tingkat perawatan rumah sakit dan kematian akibat varian tersebut rendah. Namun, kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan tetap diperlukan karena Omicron menular dengan laju yang cepat.

Di sisi lain, pemerintah akan displin untuk mengetes masyarakat 1:1000 penduduk per minggu. Kemudian, strategi isolasi di rumah, isolasi terpusat, dan perawatan rumah sakit tetap dijalankan sesuai protokol yang berlaku.

Kemudian, pemerintah memastikan vaksinasi akan dipercepat, terutama untuk lansia dan anak-anak. Ini karena kedua kelompok itu rawan tertular virus corona.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...