15 Provinsi Laporkan Tren Penurunan Covid-19, Ini Daftarnya

Namun masih ada 11 Provinsi dengan tren kenaikan kasus Covid-19. Beberapa di antaranya adalah DI Yogyakarta, Aceh, hingga NTT
Ameidyo Daud Nasution
4 Maret 2022, 19:19
covid-19, corona,
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/rwa.
Anggota Satlantas Polres Karawang membantu memakaikan masker kepada seorang anak saat Operasi Keselamatan Lodaya 2022 di Karawang, Jawa Barat, Selasa (1/3/2022).

Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan. Bahkan dari laporan Kementerian Kesehatan, hingga 2 Februari lalu terdapat 15 provinsi yang melaporkan tren penurunan corona.

Daerah tersebut terdiri dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Banten, Jawa timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Maluku, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

 

Selain itu Kemenkes juga melaporkan adanya delapan provinsi dengan tren penularan mulai melandai. Kedelapan daerah itu adalah Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Lampung.

Advertisement

Meski demikian, ada pula 11 provinsi yang menunjukkan tren kenaikan kasus positif Covid-19. Provinsi tersebut adalah DI Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Riau, Aceh, Jambi, Bangka Belitung, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Selain itu angka perawatan pasien di rumah sakit secara nasional dan Jawa serta Bali juga menunjukkan penurunan. Hingga 2 Maret lalu, jumlah pasien yang dirawat di DKI Jakarta mencapai 4.862 orang, turun dari 10.147 saat puncak penularan Omicron bulan lalu.

Begitu pula angka pasien di Bali yang dirawat di rumah sakit juga menurun hingga tinggal 308 dua hari lalu. Secara nasional, angka pasien yang dirawat di rumah sakit saat ini mencapai 40.920 orang, turun dari saat puncak Omicron yakni 64.718 orang.

Adapun Kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren penurunan jelang akhir pekan. Pemerintah melaporkan pasien baru Covid-19 bertambah 26.347 pada Jumat (4/3) atau menurun dari 37.259 pada Kamis (3/3).

Sumbangan terbanyak berasal dari Provinsi Jawa Barat yang melaporkan 5.312 kasus baru. Meski demikian angka kasus di Jabar menurun dari 7.645 kemarin.

DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan 3.727 kasus, turun dari 4.669 kemarin. Adapun Jawa Tengah yang melaporkan 3.324 pasien baru berada di posisi ketiga. Namun angka pasien baru di Jateng juga meningkat dari 3.224 kemarin. 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait