Penularan Covid-19 Menanjak Lagi, Apa Saja Faktor Penyebabnya?

Ameidyo Daud Nasution
15 Juni 2022, 19:27
covid-19, virus corona, omicron
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
Polisi membagikan masker kepada pengendara sepeda motor saat mengatur arus lalu lintas di jalur mudik di jalan utama kotaTemanggung, Jawa Tengah Sabtu (30/4/2022).

Kasus Covid-19 terus menunjukkan lonjakan dalam beberapa waktu belakangan. Bahkan pemerintah melaporkan kasus corona bertambah 1.242 pada Rabu (15/6), tertinggi dalam dua bulan.

Berbagai macam faktor menjadi penyebab kenaikan kasus ini. Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman mengatakan salah satu penyebabnya adalah karakter virus yang berubah dengan keberadaan subvarian BA.4 dan BA.5. 

Subvarian Omicron ini telah masuk ke Indonesia beberapa hari lalu. Dicky mengatakan, data ilmiah menunjukkan BA.4 dan BA.5 memiliki kemampuan menular yang tinggi dan bisa menurunkan antibodi.

"Selain itu dia punya kemampuan untuk mereinfeksi," katanya kepada Katadata.co.id, Rabu (15/6).

Pelonggaran aktivitas saat Lebaran memiliki pengaruh meski tidak sebesar gelombang sebelumnya. Ini lantaran masyarakat sudah memiliki imunitas tubuh dari vaksin dan penularan sebelumnya.

Meski demikian, ada juga potensi penularan dari mereka yang tidak menunjukkan gejala. "Pembawa virus yang tidak bergejala ini bisa menjadi penyebar karena mereka tidak merasakan membawa virus," kata Dicky.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...