Temukan Kasus Covid-19, Cina Lockdown 21 Juta Penduduk Kota Chengdu

Rizky Alika
2 September 2022, 15:28
cina, chengdu, lockdown, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/cnsph
Petugas medis dengan pakaian pelindung mengangkat pasien isolasi dari sebuah ambulans saat seluruh negeri dilanda wabah virus korona tipe baru, di Chengdu, provinsi Sichuan, China, Minggu (2/2/2020).

Kota metropolitan Chengdu di barat daya Cina mengumumkan pembatasan wilayah (lockdown) terhadap 21,2 juta penduduk. Penguncian dilakukan saat otoritas akan menggelar tes Covid-19 secara massal selama empat hari.

Mengutip dari Reuters pada Jumat (2/9), penduduk Chengdu diperintahkan untuk tinggal di rumah mulai Kamis (1/9) pukul 6 sore. Namun, belum jelas apakah lockdown akan dicabut setelah pengujian massal berakhir pada Minggu.

"Rumah tangga diizinkan mengirim satu orang per hari untuk berbelanja kebutuhan," kata pemerintah kota dalam sebuah pernyataan.

Chengdu melaporkan 157 infeksi menular di dalam negeri pada Rabu (31/8). Chengdu pun menjadi kota terbesar di Cina yang dikunci setelah Shanghai.

Kota-kota besar lainnya, seperti Shenzhen di selatan dan Dalian di timur laut juga meningkatkan pembatasan aktivitas pada minggu ini. Pembatasan diatur melalui persyaratan kerja dari rumah hingga penutupan bisnis hiburan di beberapa distrik.

Langkah tersebut membatasi aktivitas puluhan juta orang. Hal ini akan menjadi tantangan bagi Cina untuk mengurangi dampak buruk pada pertumbuhan ekonomi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...