Anies Baswedan Siap Jadi Capres, PKS Buka Peluang Dukungan

Ade Rosman
16 September 2022, 14:21
anies, anies baswedan, capres, pks
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat peresmian Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dirinya siap maju sebagai calon presiden (capres). Pernyataan ini disampaikan meski dirinya belum mendapatkan partai yang secara resmi mengusungnya.

Anies bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap menjadi tiga nama yang digadang maju sebagai capres pada 2024. Saat ini, ia tengah menunggu jabatannya sebagai gubernur habis pada 12 Oktober mendatang. 

"Saya siap mencalonkan diri sebagai Presiden jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies kepada Reuters pada sebuah wawancara di Singapura, Kamis (15/9). 

Anies mengatakan, sebagai orang yang tidak berafiliasi dengan partai politik manapun, ia memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan banyak pihak. Dalam hal ini, ia mengandalkan hasil survei yang menempatkannya sebagai salah satu kandidat terkuat.

"Hasil-hasil survei yang tidak diminta saat ini bahkan sebelum saya berkampanye. Saya rasa mereka memberikan saya kredibilitas," katanya. 

Anies juga mengatakan kebijakannya sebagai gubernur telah menyatukan warga ibu kota. Hal ini menjawab pertanyaan terkait Pemilihan Gubernur 2016 yang membelah masyarakat.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...