Kasus Covid-19 Cina Tembus Rekor 31 Ribu, Prospek Ekonomi Suram

Ameidyo Daud Nasution
25 November 2022, 11:26
cina, covid-19, ekonomi
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/WSJ/cf
Aly Song Seorang pria berjongkok di sebuah penghalang jalan di kawasan pusat perbelanjaan saat penguncian, di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19), di Shanghai, China, Kamis (26/5/2022).

Kasus Covid-19 di Cina terus meningkat dan mencapai rekor 31 ribu orang pada Kamis (24/11). Sejalan dengan itu, propsek ekonomi Negeri Panda menjadi gelap karena pembatasan aktivitas masyarakat dilakukan di sejumlah kota besar.

Padahal, Cina sebelumnya sempat melonggarkan aturan nol Covid-19 untuk menggerakkan lagi roda ekonomi. Meski demikian, pembatasan kembali dilakukan karena lonjakan kasus yang tinggi.

Pembatasan juga merugikan penduduk mereka yang frustrasi. Belum lagi bentrokan antara pekerja pabrik Iphone yakni Foxconn dengan personel keamanan juga menjadi ancaman lainnya.

"Kami meyakini pembukaan (aktivitas masyarakat) masih menjadi proses yang panjang dengan biaya tinggi," tulis analis Nomura dikutip dari Reuters, Kamis (25/11).

Cina melaporkan 31.444 kasus Covid-19 pada Rabu (23/11), tertinggi selama pandemi. Meski demikian, pemerintah menyatakan angka infeksi ini masih terhitung rendah jika dibandingkan negara-negara lain.

Salah satu kota dengan pembatasan adalah Zhengzhou, tempat pabrik besar Foxconn. Pemerintah kota telah mengumumkan pengujian massal penduduk di delapan distrik demi mencegah penularan corona.

Analis juga memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi Cina di kuartal keempat menjadi 2,4% dari sebelumnya 2,8%. Adapun, ekonomi negara tersebut diperkirakan tumbuh 2,8% tahun ini, turun tipis dari ramalan sebelumnya yakni 2,9%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...