Gantikan Jacinda Ardern, Chris Hipkins Resmi Jadi PM Selandia Baru

Ameidyo Daud Nasution
25 Januari 2023, 11:27
Selandia baru, pm selandia baru, pm selandia baru mengundurkan diri
Antara
Menteri Pendidikan Selandia Baru, Chris Hipkins saat berada di Jakarta pada 25 Oktober lalu. Hipkins telah dilantik menjadi PM Selandia Baru pada Rabu (25/1). Foto: Antara.

Selandia Baru telah memiliki pemimpin baru usai Jacinda Ardern mengundurkan diri. Ketua Partai Buruh, Chris Hipkins telah dilantik sebagai Perdana Menteri ke-41 Selandia Baru pada Rabu (25/1).

Dikutip dari Antara, Hipkins merupakan kandidat kandidat tunggal untuk menggantikan Ardern yang mundur pada 19 Januari lalu. Ia juga telah disumpah oleh Gubernur Jenderal Selandia Baru Cindy Kiro di Wellington.

Selain menjadi PM, politisi berusia 44 tahun ini juga dilantik sebagai Menteri Keamanan Nasional dan Intelijen. Usai pengambilan sumpah, Hipkins mengatakan dirinya bersemangat untuk menghadapi tantangan ke depan.

Hipkins sebelumnya menjabat sebagai Ketua Parlemen, Menteri Pendidikan, sekaligus Menteri Pelayanan Publik Selandia Baru. Ia juga memiliki reputasi sebagai Mr Fix It (tuan perbaikan) partai saat mengelola masalah yang sulit.

Tak hanya itu, Hipkins juga populer di tengah masyarakat Selandia Baru. Ini karena ia sempat memimpin langkah pemerintah dalam melawan Covid-19.

Meski demikian, politisi kelahiran Hutt Valley ini memiliki tigas berat untuk meningkatkan suara Partai Buruh pada pemilihan Oktober mendatang. Ini karena partai tersebut masih tertinggal dari saingan utamanya, Partai Nasional akibat tekanan biaya hidup di Selandia Baru.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...