Jumlah Koalisi Parpol Diharapkan Di Atas Dua Agar Banyak Opsi Capres

Andi M. Arief
21 Februari 2023, 19:28
koalisi, polpres 2024, capres, parpol
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/YU
Kader partai mengikuti pawai meramaikan suasana pendaftaran partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu menuju KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Sejumlah partai dan tokoh politik tengah sibuk merangkai koalisi menjelang Pemilihan Presiden 2024. Pengamat berharap jumlah koalisi parpol setidaknya bisa mencapai empat pihak agar masyarakat memiliki beragam opsi.

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin merasakan saat ini ada pihak-pihak yang merancang agar jumlah pasangan calon presiden dalam setiap Pilpres hanya dua. Menurutnya, hal tersebut tidak akan melahirkan pemimpin yang bagus lantaran tak banyak pilihan.

Advertisement

"Saya mendorong paling tidak tiga sampai empat pasangan calon. Semakin banyak pilihan semakin bagus,," kata Ujang dalam Peluncuran Survei Politik Kurious, Selasa (21/2).

Ujang memetakan jumlah koalisi partai politik saat ini baru dua yakni Koalisi Indonesia Baru atau KIB dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KIR.

Partai politik yang tergabung dalam KIB adalah Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan. Sementara itu, partai politik di KIR adalah Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Ujang menilai Koalisi Perubahan atau KP masih belum terbangun sampai saat ini. Adapun, partai politik dalam KP adalah Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Nasional Demokrat. "Jadi, capresnya sudah ada, tapi hitam di atas putih belum," kata Ujang.

Ia menilai pembentukan KP mulai goyah pasca Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bertamu ke Istana Merdeka dan menemui Presiden Joko Widodo. Walau demikian, Ujang berharap agar KP tetap terbentuk dan mengirimkan tiket pada Pilpres 2024.

"Biar ada pilihan dan perspektif bahwa kalangan di luar Istana Presiden bisa jadi capres," ujar Ujang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement