Erick: FIFA Melihat Penolakan Atas Israel Bentuk dari Intervensi

Andi M. Arief
31 Maret 2023, 16:18
israel, piala dunia u20, piala dunia, erick thohir
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kiri) dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir mengungkapkan alasan utama Indonesia tak lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Ia menjelaskan, keberatan yang disampaikan sebagian pihak terkait kedatangan tim Israel menjadi alasan utama FIFA mengambil sikap.

Erick menyatakan keberatan tersebut dinilai sebagai intervensi yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah kota. Pasalnya, salah satu hal yang dijamin oleh tuan rumah penyelenggara Piala Dunia FIFA U20 adalah keamanan.

"Dengan keberatan-keberatan yang disampaikan, tentu FIFA lihat ini sebuah intervensi," kata Erick di Kantor Presiden, Jumat (31/3).

Erick mengatakan pemerintah pusat dan daerah sebelumnya menandatangani kontrak penyelenggaraan Piala Dunia U20. salah satu yang dijamin awalnya adalah keamanan.  "Tentu ini jadi pertimbangan FIFA," kata Erick.

Erick juga memastikan infrastruktur tak menjadi alasan FIFA mencabut status Indonesia. Ia mengatakan seluruh sarana sudah diperiksa dan hasilnya lolos untuk penyelenggaraan.

Sebagai informasi, beberapa pihak yang menyatakan keberatan tersebut secara terbuka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Keduanya menolak kehadiran tim Israel di wilayahnya masing-masing.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...